Laman

Kamis, 09 Januari 2014

Roti Sobek

Kata orang membuat roti itu ibarat kuli membuat bangunan.. haha terdengar lebay tapi nyatanya tepat. Untuk membuat roti yang empuk memang membutuhkan tenaga yang lumayan, keringat bercucuran, dan siap-siap tangan berotot. Maklum kebanyakan membuat roti homemade kenikmatannya terletak saat menguleni adonan roti sampai kalis.
Meski sekarang sudah banyak bread maker yang mempringan tugas kita dalam mengulen, tapi harganya terbilang mahal. Bagi saya selain sayang di kantong (pelit.com hahaha).. rasanya ada yang kurang kalau membuat roti tanpa mengencangkan otot. Apalagi membuat roti adalah obat ampuh mengusir stres. Semakin kencang kita membanting roti, rasa dan emosi cepat tersalurkan. Jadi daripada galau terus update status setiap detik mending kita buat roti sendiri. Stres hilang, nikmatnya aroma roti hangat dari oven woow sungguh yummy
Meski melelahkan, membuat roti sangat bikin ketagihan. Tidak perlu takut roti yang kita buat bantet alias keras seperti batu. Seiring waktu kita akan semakin pandai jika sering berlatih.
Di bawah ini adalah resep roti andalan saya. Dijamin anti keras. Hanya satu kata kuncinya. Ulenin hingga kalis. Alias saat adonan roti ditarik tidak akan terputus. Untuk ukuran 1/4kg adonan menguleninnya memakan waktu 30 menit. Tapi jika dibantu mixer (pakai kaki mixer yang melingkar ya, jangan yang bulat untuk mengocok telur itu, gerakannya naik turun jangan memutar) menguleni cukup 10 menit sudah bisa langsung kalis. Yuk mari kita buat roti :)



ROTI SOBEK
source : almarhum Bunda Inong ditulis oleh mba nina

Bahan:
175 gr tepung terigu protein tinggi
75 gr tepung terigu protein sedang
65 gr gula pasir halus
1 sdm susu bubuk
8 gr ragi instan
1 butir telur kocok lepas
90 ml air hangat
1 sdt garam
40 gr margarin

Isian:
anything you like ya, misalnya selai, vla keju, kacang tumbuk, coklat, kismis :)

Olesan:
susu evaporated atau 1 kuning telur yang dicampur sedikit susu cair

Olesan akhir:
margarine

Cara membuat:
Campur ragi instan bersama air hangat, 1 sdt gula pasir, diamkan sejenak hingga berbusa dan mengembang
Campur tepung terigu, gula, susu dan garam, aduk hingga rata
Masukkan telur, margarine dan air ragi sedikit demi sedikit, aduk hingga rata kemudian uleni hingga kalis dan elastis.
Setelah kalis dan elastis, diamkan adonan hingga mengembang selama kurang lebih 30 menit atau hingga adonan mengembang dua kalinya, tutup dengan lap yang lembab (proofing 1)
Setelah mengembang, kempiskan adonan, bentuk bulat-bulat dan timbang @40 gr, diamkan selama kurang lebih 10 menit (proofing 2)
Beri isian sesuai selera, letakkan di loyang yang telah dioles tipis margarin, diamkan kembali selama kurang lebih 15-30 menit (proofing 3)
Olesi permukaannya dengan bahan olesan, taburi dengan wijen putih
Panggang dengan suhu 180'C selama kurang lebih 10-15 menit (tergantung masing-masing oven ya)
Angkat dan oles dengan margarin agar permukaannya tampak mengkilat.
Masukkan ke dalam plastik atau tempat tertutup agar roti tidak kering.
Segera dapat anda nikmati roti empuk yang ngga cukup kalau hanya satu. Enjoy it!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar