Laman

Minggu, 12 Januari 2014

Homemade Pizza Vegetarian

Sejak menjadi seorang vegetarian, susah sekali untuk bisa makan di luar. Selain ke rumah makan vegetarian, tapi tentu saja restoran atau rumah-rumah makan itu tidak menyediakan makanan favorit-favorit saya. Salah satunya pizza.
Dulu waktu sebuah toko pizza terkenal mengeluarkan menu pizza ala veggie saya masih sempat mencicipi. Tapi ternyata ketika diteliti kandungan sayurnya tidak bebas dari unsur hewani. Sejak itu demi kehalalan niat saya sebagai seorang vegetarian akhirnya saya memutuskan untuk tidak lagi membeli pizza di luaran.
Tapi namanya makanan favorit susah juga untuk dilupakan, dengan niat bisa makan pizza tapi juga pengen pizza yang "aman" mulailah petualangan saya untuk membuat pizza sendiri.


Waktu awal sebelum saya bisa membuat roti empuk sendiri. Pernah saya mencoba membuat pizza. Tapi ya gitu sodara-sodara namanya amatir plus otot belum longgar semua..hahaha..sukses pizza buatan saya sama kerasnya dengan batu di pinggir kali...#tutup muka pake serbettt..
Semakin sering saya membuat roti, saya semakin mengerti cara menguleni adonan kalis supaya roti yang dibuat bisa empukk. Begitulah dengan pizza yang kali ini akan saya buat. Sudah banyak resep kulit pizza yang saya coba. Dari yang tidak pakai metode mengulen, pakai teknik memanggang di teflon. Semua sudah saya cobain. Sempat putus asa juga. Duh kapan ya bisa makan pizza lagi . .
Akhirnya ketemu juga resep kulit pizza yang saya inginkan di blog mba Nina. Entah kenapa saya selalu cocok memakai resep mba Nina dari catatan Nina. Rasanya tiap resepnya saya coba tidak pernah gagal. Saya hanya memakai resep kulitnya. Sedangkan untuk isian pizza saya kreasikan sendiri sesuai bahan yang ada di rumah. Yuk dicoba pizza ala veggie yang gak kalah yahud dari yang memakai daging..pokonya enyaak ....


Dough Pizza

Bahan A
200 gr tepung terigu protein tinggi (misalnya merk Cakra)
1/2 sdt ragi instan (misal merk fermipan, SAF)
150 ml air es
Bahan B
150 gr terigu protein tinggi 
100 gr terigu protein sedang (misal merk segitiga biru)
1 sdt ragi instan
40 gr gula kastor
30 gr susu bubuk full cream
2 kuning telur
100 ml air es
1 sdt garam
50 gr margarin
Topping :
Saus pizza
2 buah tahu cina, belah masing-masing menjadi 8
4 buah jamur kancing, iris-iris
2 sendok makan jagung kalengan
setengah bagian brokoli, potong kecil, rendam dalam air hangat tambahkan sedikit garam, sebentar saja, lalu tiriskan
mayonise
Olesan :
kuning telur
Cara Membuat  Dough Pizza :
- Campurkan bahan A, aduk rata dan diamkan kurang lebih selama 60 menit.
- Campur terigu, ragi, gula dan susu bubuk pada bahan B. Aduk hingga rata dan masukkan campuran bahan A. Uleni hingga rata.
- Masukkan kuning telur dan tambahkan air es sedikit demi sedikit hingga kalis. 
- Tambahkan garam dan margarine, teruskan menguleni hingga kalis elastis. Diamkan selama 30-45 menit (tergantung cuaca juga ya) atau hingga mengembang 2x lipat. Tutup dengan serbet bersih yang lembab agar adonan tidak kering.
- Kempiskan adonan dan dough siap digunakan. 
Penyelesaian :
- Letakkan dough di atas loyang dan gilas tipis hingga menutupi seluruh permukaan loyang (bisa juga bagian tepi dibentuk sesuai selera).
- Olesi dengan saus pizza.
- Tata topping di atasnya dan semprotkan mayonise melintang
- Oles bagian tepi pizza dengan kuning telur.
- Panggang dengan suhu 180'C selama kurang lebih 15 menit (jangan overbake ya).
- Keluarkan dari loyang, hidangkan hangat dengan saus sambal favorit.
Bahan saus pizza :
2 buah tomat, rebus sebentar, kupas kulitnya, blender dengan air bekas rebusan tomat.
1sdm kecap manis
1sdm saus jamur
1 sdt garam
1sdm kaldu jamur
1/2 sdt merica bubuk
Larutkan 1sdm maizena dengan sedikit air.
1 sdm oregano
1 sdt merica hitam
1 sdm minyak untuk menumis
Cara Membuat :
- Panaskan minyak, masukkan blederan tomat. Masak hingga berbau harum..
- Tambahkan  kecap manis dan saus jamur.
- Bumbui dengan garam, kaldu jamur dan merica bubuk.
- Tambahkan air maizena. Masak hingga saus mengental. Test rasa hingga pas.
- Masukkan oregano dan merica hitam, aduk rata.
- Angkat dan siap digunakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar