Laman

Senin, 27 Januari 2014

Buras Propuge Oncom

Dalam rangka challenge #14 Indonesian Food Blogger yang bekerjasama dengan Pure Green Rice Organic, saya sebagai anak bawang yang baru saja bergabung memberanikan diri untuk memposting resep dengan bahan baku beras, sesuai dengan tema challenge Olahan Beras.


Masakan yang saya kirimkan kali ini adalah Buras. Buras adalah makanan favorit saya sejak kecil, apalagi kalau isinya oncom pedes. Waduh nikmatnya, 10 buah pun bisa saya habiskan sendiri..hahaha. Resep buras yang saya lampirkan adalah resep dari mama saya tercinta, yang kalau memasak tidak ada pakem takarannya. Tapi rasanya tetap lazisss. Kapan ya saya bisa sepandai mama, yang seperti orang dulu, memasak berdasarkan feeling, tapi tidak pernah gagal, dan rasanya sangat menggoyang lidah.


Kreasi beras ini saya beri nama 'Buras Propuge Oncom'. Propuge adalah singkatan proitena pure green.Proteina adalah sejenis daging sintetis yang biasa digunakan oleh kaum Vegetarian sebagai pengganti daging. Dan sekarang banyak dipakai oleh para penjual bakmi ayam, karena harga daging yang selangit. Apalagi proitena adalah bahan baku makanan halal. Meski bukan daging asli, penambahan proitena sebagai isian benar-benar seperti makan daging asli. Tidak percaya? Mari mencoba resep buras ala mama saya yang telah saya beri takaran yang pas supaya tidak membingungkan bagi yang membuat, lets go :)

Resep buras :
200 gram beras Pandan Wangi PureGreen
700 ml santan dari 1 buah kelapa parut
1 sdm garam

Bahan isian :
200 gram oncom, haluskan
100 gram kentang, potong dadu kecil, goreng
100 gram proitena, seduh dengan air panas, tiriskan
5 buah cabe merah + 5 buah cabe rawit, blender
2 sdm minyak untuk menumis
1 sdt garam
1sdt bubuk kaldu

Cara Membuat :
1. Isi : panaskan minyak, tumis campuran cabe hingga berbau harum, masukkan oncom, kentang, proteina, aduk hingga berubah warna, beri garam dan bubuk kaldu. Aduk rata, sisihkan.

2. Buras : cuci beras pandan wangi puregreen. Masak santan hingga mendidih, masukkan beras. Masak hingga air susut. Matikan api. Tumbuk beras setengah matang tadi hingga halus dan menyatu. Siapkan daun pisang. Beri 1 sendokan nasi. Ratakan. Beri isian di dalamnya. Tutup dengan 1 sendokan nasi lagi. Pulung hingga rapi. Lipat dan siap untuk dikukus.

3. Kukus buras selama kurang lebih 2jam dengan air yang telah dididihkan sebelumnya dengan memakai api besar. Siap untuk disajikan dan dinikmati dengan segelas teh manis hangat untuk temannya.

Selamat mencoba ^^

Ini gambar proteina :





4 komentar:

  1. Makasih udah ikutan ya Intan...sukses terus....:D....dan pastinya enak Burasnya..sukaaa

    BalasHapus
  2. Suka buras jugaaa..makasi Mba..

    BalasHapus
  3. Mba Elsye : makasi banyak sudah mampir di blog saya, rasanya terharu sekali..makasi atas kesempatannya boleh ikut event IDFB walaupun saya baru bergabung ^^

    BalasHapus
  4. Mba Andrie : makasi ya mba sudah menyempatkan mampir ke blog saya..buras emang maknyozz hehe ^^

    BalasHapus