Laman

Kamis, 23 Januari 2014

Klapertaart Keju Coklat

Ini kali pertama saya mengikuti ncc weeks, takut tegang campur aduk rasanya. Semoga postingan dan foto kali ini dapat meramaikan event ncc, meski saya masih pemula dalam hal perbakingan.
Termasuk kue yang saya kirimkan ini juga baru pertama kali saya coba praktekkan. Rasanya alhamdulilah enak dan sangat lembut.
Resepnya saya adaptasi dari klappertart wilton yang saya temukan di blog mba Nina (Catatan Nina). Tapi ada beberapa bahan yang saya utak atik sedikit karena menyesuaikan bahan yang ada di rumah. Dan karena di rumah hanya ada 4 orang resepnya saya bagi setengah. Resep yang saya lampirkan di bawah ini adalah resep yang saya gunakan, untuk resep asli bisa dicari lewat google.



Resep Klapertaart Keju Coklat :
Bahan :
250 ml susu cair
100 ml whipping cream cair
150 ml air kelapa
120 gram gula pasir
25 gram tepung terigu serbaguna
50 gram maizena
75 gram mentega atau margarin
3 butir kuning telur
1/2 sdt vanili bubuk
1 buah kelapa muda, kerok isinya saja
50 gr keju cheddar parut

Topping :
3 butir putih telur
2 sdm gula pasir yang diblender
1 sdm tepung terigu serbaguna
20 gr keju parut
1 sdm coklat bubuk
cherry

Cara Membuat :
Didihkan 200 ml milk, whipping cream, air kelapa, dan gula pasir.
Larutkan tepung terigu dan maizena dengan 300 ml sisa susu, whipping cream, air kelapa.
Masukkan campuran susu dan tepung ke dalam susu panas, aduk terus sampai mengental dan meletup-letup.
Angkat dari api, masukkan mentega, aduk rata.
Masukkan vanili, aduk rata.
Masukkan kuning telur satu persatu
Masukkan daging kelapa muda, aduk rata.
Masukkan keju parut, aduk rata.
Masukkan adonan ke dalam cup sampai ¾ tinggi
Bakar dengan cara ditim selama 15 menit dengan suhu 170° sampai ½ matang
Sambil menunggu, siapkan adonan topping: kocok putih telur dengan mixer sambil dimasukkan gula sedikit sedikit sampai kaku
Masukkan tepung terigu, aduk rata dengan spatula
Semprotkan toping keatas adonan ½ matang sampai cukup tinggi, taburi dengan keju parut dan coklat bubuk.
Panggang kembali hingga berwarna kecoklatan.
Sajikan, beri hiasan cherry diatasnya.

Selamat mencoba ^_^
Makasi kepada NCC yang telah memberi kesempatan kepada saya. Dan akhirnya inilah badge NCC yang saya nanti-nantikan..horeee ^.^


Tidak ada komentar:

Posting Komentar