Laman

Selasa, 21 Januari 2014

Kue Talam Ubi

Jajanan pasar atau cemilan tradisional  mungkin untuk zaman sekarang kurang populer. tetapi jajanan seperti ini kadang kita rindukan di tengah hiruk pikuk kemoderanan kuliner. Jajanan ini selalu mengingatkan kita pada masa kecil. Semoga saja anak-anak sekarang tidak melupakan atau malah tidak tahu kalau negeri kita yang tercinta penuh dengan keanekaragaman kue-kue tradisional yang rasanya enak, lezat, gurih, manis, lengkap pokonya.

Di waktu luang kali ini, saya lagi kepingin mencoba salah satu jajanan pasar yang berasal dari ubi. Ubi adalah sejenis umbi yang enak dan bisa diolah menjadi bentuk sajian yang menggoda. Apakah itu cake, puding, bahkan masakan.Kali ini saya memakai resep dari NCC, karena kebetulan yang saya punya hanya ubi merah, maka resep talam ubi ungu ini saya rubah, tapi komposisi banyaknya tetap sama.


Yuk jangan lama-lama diliat nanti tambah ngiler loh, sok aja silakan dibuat, ini dia resepnya :

Kue Talam Ubi
 

Bahan Ubi:
250gr ubi merah, kukus dan haluskan
125ml santan dari 1/4butir kelapa -> saya pakai santan kotak
1/2sdt garam
50gr tepung beras
25gr tepung sagu
75gr gula pasir halus

Bahan topping:
125ml santan dari 1/2 butir kelapa -> saya pakai santan kotak
1/8 sdt garam -> saya pakai 1/4sdt
25gr tepung beras
1sdm tepung sagu -> saya tidak pakai
25ml air panas

Cara Membuat:
Bahan Ubi: rebus santan dan garam sambil diaduk sampai mendidih. Biarkan hangat.

Campur ubi, tepung beras, tepung sagu dan gula pasir halus, masukkan santan aduk rata. Tuang adonan ubi setinggi 3/4 cetakan yang telah dioles tipis minyak goreng. Kukus 15 menit sampai matang.

Bahan Toping:
Rebus santan dan garam sambil diaduk sampai mendidih, biarkan dingin.

Aduk rata tepung beras dan air panas, tambahkan tepung sagu, aduk rata. Tuang rebusan santan sedikit-sedikit sambil diaduk rata.

Tuang diatas bahan ubi, kukus 10 menit sampai matang.


Gampang kan, tidak usah takut gagal ya. Karena caranya cukup simple en tidak pake bantet hehehehe :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar