Laman

Senin, 09 Juni 2014

Soft Bread NCC

Rasanya belum sah kalau sudah menjadi warga NCC tapi belum membuat roti empuknya bu Fatmah Bahalwan pendiri NCC. Biarpun sering membuat roti. Tapi kenikmatan roti empuk NCC memang Endazz. Persis seperti roti-roti di bakery.

Kali ini saya sedang niat banget membuat roti yang penampilannya tidak kinclong, matte kalau istilah lipstick.. hehehe.. Lagi pengen banget niruin tampilan roti-roti di bakery yang tidak terlalu kinclong. Sedap di mulut juga membuat penampilannya menul. Tidak percaya. Coba deh resep roti empuk ini. Dijamin paham apa maksud saya.


Untuk bentuknya pun saya buat sederhana, panjang, dan diberi taburan mese dan parutan keju. Pokonya serasa di bakery luar negeri : D. Resepnya sudah banyak berseliweran di google. Tapi tidak ada salahnya jika saya tulis ulang. Yuk disimak :)

Soft Bread (Roti Empuk)
Penulis : Bunda Fatmah Bahalwan (dimodifikasi by me karena hanya memakai 1/2 resep)

Bahan :
250 gr terigu protein tinggi

50 gr gula pasir

15 gr susu bubuk
1/2 bgks ragi instant (ukuran
11 gr)
1/2sdt bread improver
1 butir telur utuh
65 ml susu cair
50 ml air es
50 gr margarin
1/2 sdt garam

Bahan Polesan : 1 bgks SKM + 1 sdm susu cair. Campur rata.

Cara membuat :
1. Aduk semua bahan kering jadi satu (terigu, susu, gula, ragi, dan bread improver).
2. Tuang bahan cair (susu cair, air, dan telur) aduk sampai bergumpal.
3. Masukkan margarin dan garam, aduk sampai halus dan licin (tandanya adonan bisa ditarik sampai tidak putus - membentuk selaput tipis).
4. Bulatkan adonan dan istirahatkan +/- 15 menit. (adonan sampai mengembang)
5. Bagi adonan sesuai selera (saya bagi 50 gr) dan bulatkan - proses rounding ini yang perlu diperhatikan, karena akan mempengaruhi hasil akhir roti. Istirahatkan 15 menit.
6. Bentuk dan beri isi : keju, coklat, pisang + coklat (sesuaikan dengan selera), istirahatkan adonan selama +/- 30 menit (sampai mengembang). Poles dengan bahan polesan.
7. Panggang dengan panas api +/- 180 derajat sampai matang (+/- 20 menit)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar