Laman

Jumat, 06 Juni 2014

Sagu Keju

Sudah sering bikin kue kering, tapi selama ini tidak pernah didokumentasikan. Awal membuat kue kering ini lumayan susah, hasilnya yang bleberlah, terlalu renyah, sulit dicetak, dan lain sebagainya.

Bagi saya pribadi lebih enak membuat roti, daripada terbungkuk-bungkuk membuat kue kering. Tapi karena di grup NCC berseliweran sagu keju karena mendekati lebaran membuat saya ingin juga mencobanya.


Sagu keju adalah kue kering favorit saya. Cuma dulunya tau makan aja tidak pernah membuat sendiri. Tapi sekarang kalau bisa bikin sendiri, kenapa juga harus beli ya..hehehe.. Kesulitannya adalah memperoleh bahan keju karena banyak resep sagu keju yang menggunakan aneka keju seperti keju edam, parmesan, dan keju cheddar. Di bawah ini ada gambar-gambar keju untuk menambah khasanah pengetahuan kita bersama.

keju edam

keju parmesan


keju cheddar

Berhubung harga keju-keju itu mahal, saya memilih mencari resep yang sesuai kantong alias ekonomis, dan bahannya mudah dicari. Cari punya cari akhirnya saya terdampar di blog sajian sedap dengan kata kunci sagu keju cheddar. Muncullah resep yang saya inginkan. Bahan yang saya gunakan sesuai resep, hanya saja dalam cara pembuatannya yang saya modifikasi agar lebih mudah membuatnya. Hasilnya sudah pasti enak, ngeprul, tapi tidak mbeleber.


Banyak orang yang tidak suka pemakaian cheddar karena membuat penampakan sagu keju berbintik. Tapi bagi saya itu malah membuat penampilan sagu keju lebih eksotik dan menarik untuk dimakan. Well, kembali ke selera masing-masing ya. Yuk bagi yang ingin mencoba, ini dia resepnya 


Sagu Keju
Bahan:
150 gram margarin
100 gram gula tepung
1/2 sendok teh garam
1 butir telur
75 gram santan kental instan
400 gram tepung sagu, sangrai 10 menit dengan api kecil, dinginkan, timbang 350 gram
30 gram susu bubuk
100 gram keju cheddar parut

Cara membuat:
  1. Aduk margarin, gula tepung, dan garam asal saja hingga rata. Tambahkan telur dan santan. Aduk rata kembali.
  2. Masukkan keju. Aduk rata. Tambahkan tepung sagu dan susu bubuk sambil diayak dan diaduk rata ( masukkan secara bertahap, hentikan pemakaian tepung jika adonan sudah dirasa mudah untuk dispuit).
  3. Semprot adonan dengan spuit di loyang yang dioles margarin.
  4. Oven 25 menit dengan api bawah suhu 130 derajat Celsius sampai matang.
Untuk 600 gram

1 komentar: