Laman

Senin, 09 Juni 2014

Homemade Mie Sayur

Dari dulu sudah niat banget pengen buat mie sendiri. Yang pasti kalau buat sendiri rasanya dijamin enak (kalau berhasil ya..heheh), terjamin kualitasnya, dan bisa banyak..hehehe. Peralatan sudah lengkap di rumah. Punya gilingan mie. Tapi koq ya saya tidak bisa pakai alat itu. Pernah buat cheese stick, gatot. Membuat saya tidak pernah menyentuh lagi gilingan itu. Sayang juga ya. Harganya lumayan mihil, masak sih ga diberdayakan.

Kalau resep dari mba Hesti dan mba Nina sudah ada referensinya. Salah satu cara membangkitkan kepercayaan diri, kayanya paling tepat lihat proses pembuatan mie di Youtube. Ow ow ow ternyata begitu ya cara membuat mie sendiri di rumah.



Setelah berkali-kali nonton, kepercayaan diri saya mulai pulih (kaya apaan saja)..akhirnya saya bulatkan tekad mengeksekusi mie sayur. Karena di rumah tidak ada sawi, akhirnya saya memakai bayam sebagai pewarnanya. Seiring waktunya saya sudah tiga kali membuat mie sendiri. Dari yang tanpa telur dan mie wortel. Cuma berhubung tidak saya dokumentasikan, yang saya lampirkan resepnya hanya yang dari bayam. Ini dia resepnya 


MIE HIJAU HOMEMADE

Bahan :
500 gr tepung terigu protein tinggi
1 sdm garam halus
2 sdm tepung sagu
3 butir telur ayam (bisa juga pakai telur bebek)
200 gr bayam ---> blender dengan sedikit air ambil sarinya kurang lebih 100-150 ml 
(tambahkan bila kurang)
Cara Membuat :
- Dalam sebuah wadah campur terigu dan garam. Aduk hingga rata.
- Tambahkan tepung sagu, aduk kembali hingga tercampur rata.
- Ambil sari bayam (aku pakai 150 ml), masukkan telur kemudian aduk hingga rata.
- Tuang campuran sari sawi hijau sedikit demi sedikit ke campuran tepung sambil diaduk hingga rata. Tambahkan sari sawinya bila adonan dirasa masih kering.
- Masukkan adonan ke dalam gilingan mie. Giling dengan nomer yang besar terlebih dahulu hingga halus. Sesekali beri tepung sagu agar tidak lengket.
- Kecilkan nomer gilingan hingga ketebalan yang diinginkan.
- Cetak mie sesuai selera, bisa bentuk pipih ataupun bulat. 
- Adonan mie siap digunakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar