Laman

Senin, 12 Mei 2014

Roti Pisang Coklat

Sebenarnya ini foto lama. Awal-awal saya belajar membuat roti. Sekarang juga masih belajar sih, tapi awal dulu memang bikin roti bisa dibilang tidak pernah terpikir oleh saya. Membayangkan proses mengulen yang cape dan takut tidak mengembang, dan lain-lain. Banyak pikiran yang membuat saya maju mundur.

Tapi entah kenapa suatu hari saya mendadak pengen buat roti sendiri. Rasanya sudah waktunya saya mencoba untuk mengkonsumsi makanan yang sehat. Beli makanan di luar ada yang aman ada yang tidak, tapi pastinya kalau buatan sendiri ya pasti aman, karena kita lebih tahu kadar dan bahan apa saja yang digunakan.

Akhirnya di hari yang hujan itu, saya membuat roti pertama saya. Roti sederhana dengan isian pisang coklat. Resep roti yang saya ambil adalah dari blonya catatan nina. Step-step dalam resep beliau cukup jelas untuk pemula sperti saya. Resep yang saya ambil adalah roti raisin bun.Karena baru pernah membuat, saya hanya memodeli roti bentuk kepang yang saya lihat caranya juga dari internet. Istilahnya saya bisa buat makanan ini itu ya gurunya internet..hahahah..


Karena pertam kali buat, bentuknya masih tidak cantik ya. Harap dimaklum. Tapi soal rasa dan tekstur sudah pas banget kalau menurut saya loh. Yuk tidak pakai lama ini dia resepnya



RAISIN CHOCOCHIPS BUN
source : Pawonomah-catatan nina
modified by me

Bahan:
150 gr tepung terigu protein tinggi
100 gr tepung terigu protein sedang
65 gr gula kastor
7 gr ragi instan
90 ml air hangat
1 sdm susu bubuk
1 butir telur kocok lepas
1sdt garam
35 gr mentega

Olesan:
egg wash (susu UHT+kuning telur)
taburan meses
taburan keju parut

Olesan akhir:
margarin
 
Isian:
Pisang
DCC dipotong balok memanjang

Cara Membuat:
Campurkan ragi instan dalam air hangat, aduk, biarkan 10-15 menit hingga berbusa
Campur terigu, gula kastor, garam dan susu, aduk rata
Masukkan telur dan air campuran ragi sedikit demi sedikit, uleni. Tambahkan margarin, uleni kembali hingga kalis dan elastis
Bulatkan adonan, letakkan di dalam wadah dengan ditutup lap bersih yang lembab. Diamkan 30-60 menit hingga adonan mengembang 2x lipat
Kempiskan adonan, uleni kembali sebentar, timbang masing-masing 50 gram, bulatkan serta diamkan sebentar
Pipihkan memanjang adonan dengan  menggunakan rolling pin, beri isian, lipat dan gulung perlahan
Simpan di dalam loyang bersemir margarin,diamkan kembali selama 60-90 menit (proofing terakhir)
Oles adonan dengan egg wash, beri taburan meses atau parutan keju
Oven dengan suhu 180'C selama kurang lebih 15-20 menit (tergantung masing-masing oven yah) hingga matang dan kecoklatan
Keluarkan dari oven, panas-panas beri olesan margarin
Biarkan hingga dingin dan simpan di dalam wadah tertutup
 
Sedaaappp :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar