Laman

Rabu, 28 Mei 2014

Cake Tape Ekonomis nan lembut

Sisa tape bikin bolen saya buat cake tape. Cake satu ini benar-benar kedoyanan saya. Tidak tahu juga kenapa saya bisa doyan banget sama peuyeum. Manis, legit, sedep lah pokonya. Tapi berhubung cuma tinggal sedikit tapenya harus puter otak nih, bagaimana caranya dapat cake tape yang lazis.

Akhirnya punten sama mbah google terdamparlah saya di blog mba Ricke Ordinary Kitchen (gaya bahasa hiperbola muncul..padahal memang blog favorit, alias sering dikunjungi) dapat juga cake tape yang ekonomis. Rasa sudah pasti enak lah. Tapi maaf mba Ricke resepnya ta' obrak abrik sedikit, biar hasilnya tidak bantet.


Fluppy dan lembut sekali. Mau coba ibu-ibu? Jamin tidak akan bantet atau kemanisan meski tape yang saya beli lembut dan manisnya nampol banget. Pokonya maknyuzzz. Dan hasilnya banyak bangettt... Yuk mari cekidot resepnya di bawah ini :)

Cake Tape Keju
(Adapted from Femina No.27-July 1999. Modified by Ricke 'Bunda Nadhifa' and Me)

Bahan:
150 gram tape singkong (peuyeum), buang sumbunya
1 sachet SKM Frisian Flag Gold (40ml)
90 gram terigu protein sedang
1/2 sdt baking powder
3 butir telur ukuran sedang
1/2 sdt cake emulsifier (optional)
90 gram gula pasir
1/4 sdt essence vanilla
75 gram margarin, lelehkan
30 gram keju cheddar parut

Taburan:
30 gram keju cheddar parut

Cara membuat:
1. Siapkan loyang tulban (loyang bulat yg berlubang di tengah) diameter 20 cm. Olesi margarin dan taburi tipis dengan terigu. Sisihkan.
2. Campur dan ayak terigu dan baking powder. Sisihkan.
3. Panaskan oven 160'C (jangan terlalu panas karena memanggangnya cukup lama)
4. Haluskan tape singkong dengan garpu, campur dengan SKM. Aduk rata. Sisihkan.
5. Kocok telur, gula pasir dan cake emulsifier sampai mengembang, putih dan benar-benar KENTAL. Tambahkan essence vanilla. Kocok rata sebentar.
6. Masukkan campuran tape singkong sedikit demi sedikit sambil dikocok perlahan dengan mixer kecepatan rendah hingga merata.
7. Masukkan margarin cair sedikit demi sedikit sambil diaduk perlahan dengan spatula.
8. Masukkan campuran terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk rata dengan spatula. Masukkan keju cheddar parut. Aduk rata.
9. Tuang ke dalam loyang. Panggang dalam oven selama 45 menit sampai kecoklatan dan matang. Lakukan test tusuk hingga bersih.
10. Angkat. Biarkan sebentar dalam loyang. Kemudian keluarkan dan potong-potong.

Selamat mencoba ^__^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar