Laman

Rabu, 28 Mei 2014

Donat Madu Cihanjuang

Berawal dari iseng berujung kehebohan ya resep donat ini. Kebetulan saya menerima kabar kalau tetangga saya baru melahirkan anaknya. Duh belum sempat beli kado, apalagi hari hujan. Mau menengok tidak ada buah tangan rasanya risi juga. Akhirnya iseng-iseng googling cari hantaran penganan apa yang cocok untuk menengok orang yang baru melahirkan. Kalau kemarin saya membawa puding blackforest, saat hujan begini tidak cocok juga memberi yang dingin-dingin. Cari-cari makanan yang unik, eh koq ada resep donat pakai madu ya. Awalnya saya kira donat ubi madu, tapi ternyata bukan.

Okelah saya eksekusi saja, sekalian saya cari model topping yang cantik di google. Wow, lucu-lucu ternyata. Teringat di rumah ada piping gel, yaitu bahan kenyal yang bisa digunakan untuk mendekor cake. Karena pernah waktu itu Bu Ery yang jago banget menghias kue menampilkan postingan menghias kuenya dengan menggunakan piping gel. Kalau ingin membuat mawar dari buttercream keliatan hidup ada tetesan-tetesan butir air piping gel ini juga bisa digunakan.


Dengan optimis yang tinggi saya mulailah eksekusi donat madu ini, rasanya agak kenyal-kenyal gimana gitu. Apakah benar donat madu seperti ini teksturnya saya juga kurang tahu. Karena belum pernah makan yang asli. Tumben-tumbennya hasil topping saya juga cantik (kata yang lihat) padahal bahan toppingnya sederhana banget. Dengan semangat 45 saya posting ke grup NCC, ternyata oh ternayata, hasil karya saya dibilang boleh beli terus difoto.


Sempat kaget juga, apa iya hasilnya cantik banget sampai dibilang gitu. Atau karena saya masih terlalu amatir jadi dianggap tidak mungkin bisa bikin sebagus itu. Ya alahualam aja. Saya tidak mau suuzon dengan pikiran orang. Toh saya tidak melakukan seperti apa yang mereka tuduhkan.

Donat ini saya foto dalam kemasan karton, karena memang sudah mau diantar ke tujuan. Tapi hal ini malah tambah dijadikan bukti kalau saya beli. heeemm..

Tapi ya sudahlah, mari silakan dilihat resepnya di bawah ini :)


Donat Madu Cihanjuang
(blog si tukang masak modified by Me)

Bahan-bahan :
- 125 gr terigu cakra kembar
- 125 gr terigu segitiga biru
- 1/4 bks ragi instan fermipan (@11gr)
- 25 gr gula halus
- 1/4 gr garam
- 1/4 sdm bread improver
- 1 btr telur ayam, kocok lepas
- 25 ml madu
- 100ml susu cair dingin
- 40 gr margarin

Cara Membuat :
- Campur terigu, gula, bread improver, garam hingga rata. Masukkan ragi instan, aduk rata kembali.
- Masukkan campuran telur ayam, madu dan susu cair, uleni hingga rata dan setengah kalis
- Tambahkan margarin, uleni hingga kalis. Istirahatkan selama kurang lebih 15 menit, tutup dengan plastik/lap
- Kempiskan adonan lalu potong2 dan timbang adonan masing2 60gr, bulatkan
- Diamkan sekitar 15 menit hingga mengembang
- Selanjutnya, lubangi tengahnya menjadi bentuk donat, pipihkan sedikit  dan diamkan kembali selama kurang lebih 10 menit
- Setelah bobot adonan menjadi ringan, goreng hingga matang kecoklatan dalam minyak panas sedang
- Dinginkan, dan beri topping sesuai selera

Rangkuman dari bacaan2 di tabloid Info Kuliner :
- Supaya ragi mengembang sempurna, wadah penyimpanan adonan hendaknya ditutup rapat dengan kain lembab/plastik
- Untuk menghasilkan gorengan donat yang bagus, sebaiknya memakai minyak goreng padat karna minyak jenis ini tidak mudah terserap oleh bahan yang digoreng
- Goreng donat dengan metode deep frying supaya donat terendam dengan sempurna dan matangnya merata
- Adonan donat yang sudah dibentuk/dicetak disusun diatas wadah yang telah ditaburi tepung terigu agar tidak lengket n menempel
- Setelah matang, tiriskan donat dalam wadah yang telah dialasi kertas untuk menyerap sisa minyak

Membentuk Topping:


1. Tim coklat hijau. Celupkan donat.
2. Semprotkan bagian tengah dengan isian Vla pisang. Setkan vla dalam kulkas (saya ke freezer karena ingin cepat), beri BC merah, dinginkan lagi. Baru dicoret dengan piping gel bening
3. Hias dengan piping gel yang diberi warna hijau dan coklat.


1. Tim DCC. Celupkan donat. Tunggu agak set.
2. Tim WCC, buat hiasan bunga.


1. Tim WCC, celupkan donat.
2. Celupkan ke dalam taburan kelapa parut kering.
3. Buat tulisan dan border dengan piping jelly coklat.
4. Oles BC ke dalam border love. Oles kembali dengan piping gel bening.


1. Tim WCC, celupkan donat.
2. Celupkan ke dalam taburan kelapa parut kering.
3. Hias dengan piping gel coklat dan oren.


1. Taburkan donat dengan gula donat warna.
2. Semprot tengahnya dengan isian selai blueberry.


1. Tim WCC, celupkan donat setengah bagian.
2. eri sedikit warna coklat pada WCC, celupkan donat yang sebagian lagi.
3. Beri taburan oreo yang telah dihancurkan.

Tidak secanggih keliatannya bukan. Simple, easy n ciamik :)

2 komentar:

  1. Memiliki rumah sendiri merupakan idaman setiap orang.
    Mau memikinya????????
    Kadang terkendala dengan hal-hal lain, seperti tidak ada waktu untuk mencari lokasi, kurangnya uang untuk membangun dan bingung siapa yang disuruh mengawasi tukang, agar pekerjaan sesuai dengan harapan.
    Kami hadir untuk mewujutkan mimpi anda
    Segera hubungi kami.
    Ketemuan, membicarakan lokasi yang anda ingin, ukuran dan model rumah yang anda inginkan, kemudian kami akan mencari lokasi. Setelah ketemu dengan lokasi yang anda ingin lalu. Membuat kesepakatan. Dan rumah sesuai dengan keinginnan anda kami buat.
    Setelah rumah jadi anda bisa membayar secara kredit bank melalui KPR atau bisa juga secara cash.

    Lokasi yang bisa kami capai hanya di cimahi, cihanjuang, citerup dan sekitarnya.
    Info lebih lanjut hubungi :
    Kiki Firmansyah
    085382362982



    BalasHapus