Laman

Rabu, 28 Mei 2014

Bolen Tape

Setelah kemarin posting pisang bolen, kali ini yang dibolen adalah tape. Ya tape adalah makanan favoritku. Dimakan gitu aja tape atau peuyeum tuh udah enak banget, apalagi dibikin bolen, astaga baru saya sadari adanya surga di dunia ini, saat tape diciptakan hahahah.

Awalnya mencari bolen di tempat saya tinggal sulit. Kalaupun ada di supermarket besar saya suka maju mundur mau beli. Maklum takut sudah kadaluarsa. Ragi tepenya bisa mengeluarkan arak yang tidak enak. Kebetulan hari itu saat saya lagi jalan-jalan menemukan tape yang baru masuk ke toko besar tersebut. Beli 1 saja sih, soalnya di rumah yang suka tape cuma saya. 

Eh pas di rumah, niat bikin cake tape diracuni pikiran kayanya enak nih bolen tape. Tapi gimana ya, tapenya cuma seiprit. Akhirnya bikin dua macam penganan setengah-setengah resep saja.


Isian bolennya saya dapat dari blog jajane vivi yang kebetulan saya lihat saat sedang blogging, cuma untuk kulitnya saya memilih pakai kulit bolen pisang yang pernah saya posting. Karena penampilan bolen tape mba vivi dengan memakai resep chef Dedy agak melempem. 

Di bawah ini saya share juga step by step membuat kulit bolen, yuks disimak :)

Bolen Tape

Bahan-bahan
Bahan A:
100 gram tepung terigu protein tinggi
1 sendok makan minyak goreng
75 gram margarin

Bahan B:
200 gram tepung terigu protein tinggi
30 gram gula tepung
80 ml air
75 gram margarin

Bahan Dasar Olesan (aduk Rata):
1 kuning telur
2 sdm susu cair

Cara Pengolahan :
1. Aduk rata bahan A. Bentuk bulat. Diamkan 10 menit.
2. Aduk bahan B sampai setengah elastis. Diamkan 15 menit.
3. Bagi adonan A menjadi 15 bagian, bulatkan.



4. Bagi adonan B 15 bagian, bulatkan.


5. Giling adonan B memanjang. Letakkan adonan A di atas adonan B. Lipat seperti amplop.


6. Giling tipis adonan memanjang, gulung kemudian tipiskan lagi. Ulangi sebanyak 2 kali. Lakukan hingga adonan habis. Diamkan 15 menit.


7. Giling adonan molen melebar. Letakkan adonan isi di tengah, kemudian bungkus dengan kulit. Rapikan  seperti cara no 5.


8.  Letakkan di loyang yang sudah dioles margarin. Oles dengan bahan olesan.


9. Oven 25 menit dengan suhu 180 derajat Celsius. Keluarkan dari oven.
    Oles lagi dengan bahan olesan dan oven lagi 5 menit.

Bahan Isi:
Tape 300 gr, bersihkan seratnya dan haluskan
Gula halus 1,5sdm
Susu bubuk 30gr
Keju cheddar parut 40gr (bisa sesuai selera, kalau tapenya bagus dan manis bisa diperbanyak biar rasanya balance)
Margarin 1sdt

Cara Membuat bahan isi :
Aduk semua bahan isi hingga rata. Siap digunakan.

Gampang kan caranya, selamat mencoba :)



8 komentar:

  1. Hai mba, salam kenal.
    suka deh sama postungannya, bikin saya kepengen nyobain praktek juga
    ijin catet resepnya yaa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. mba Violetya : silakan mba..makasi ya mba sudah mampir ke blog saya :)

      Hapus
  2. mba' intan Thx ya akhirnya bisa kebayang cara melipat bolen y rapih... sukses sll ya mba'

    BalasHapus
    Balasan
    1. mba Ezza : makasi ya ma udah mampir..sukses juga buat mba :)

      Hapus
  3. Mba intan,meletakkan bolen diloyangnya memang rapat2 ya mba?g lengket ya mba klo bolennya mengembang?punya saya bolennya mengembang jadi gendut gitu jadi saya truh diloyang kuker dan posisinya jarang2 mba....yg benar gimana ya mba,mohon pencerahannya mba intan....

    BalasHapus
    Balasan
    1. mba Zepani : boleh rapat boleh renggang mba..kemarin sy buat yg bolen pisang renggang dan yang tape ini rapat, kalau yang rapat lebih susah dilepas aja sih mba..tidak pengaruh dengan permukaan..memang yg mengembang dan endut2 itu yang benar :)

      Hapus
  4. Terima kasih mba intan...oia,saya klo bikin bolen isi coklat kenapa isinya bocor keluar ya mba?jadi pas matang mlah isian dibolennya habis krna pada keluar semua,bocor dri kulitnya,gimna ya mba solusinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba, biasa saya meletakkan coklat di antara pisang, usahakan ukuran dccnya jgn lebih besar dari pisangnya..selamat mencoba kembali ya mba :)

      Hapus