Laman

Selasa, 02 Desember 2014

Kulit Pangsit


Ini edisi ketiganya, kulit pangsit goreng. Aduhay, meski tanpa isi, dimakan begitu saja juga enak bangettt. Saya berikan di adonan irisan halus daun seledri, wih makin sedap lihatnya.


Begitu digoreng langsung mengembang, ada bentol-bentol yang bikin kulitnya jadi seksi. Haahaha jangan disamakan dengan bentol di tangan karena gigitan nyamuk ya. Itu sih ga ada seksi-seksinya.


Kalau semua makanan dibuat sendiri, Insya Allah kehigienisan, kehalalan suatu makanan dapat kita jamin. Sehat dan dapat diisi sesuai selera. Mau coba? Yuk disimak resepnya :)


Kulit Pangsit by Ita-DapurGriyaKhayangan dengan sedikit modifikasi dari saya

Bahan : 
250 gr tepung terigu 
1 sdm tepung tapioka 
130 ml air panas 
1 sdm minyak goreng 
1/2 sdt garam halus 
1/2sdt kaldu bubuk
seledri diiris halus secukupnya, jika suka

Cara Membuat : 
1. Siapkan mangkok/wadah, masukkan tepung terigu+tepung tapioka+garam halus di dalamnya. Lubangi bagian tengah tepung, tuangkan minyak goreng. 
2. Siramkan air panas kedalam lubang ditengah2 tepung. Aduk dengan cepat campuran tepung agar bercampur dengan air panas menggunakan sendok kayu hingga menjadi gumpalan adonan. Kemudian uleni adonan agar cukup kalis. Bila dirasa masih kurang air panasnya boleh ditambah sedikit sedikit aja sambil diuleni hingga kalis.
3. Diamkan adonan agar beristirahat dan lentur selama kurang lebih 15-20 menit. 
4. Giling adonan kulit pangsit dengan menggunakan pasta maker/gilingan mie. Tipiskan dari tingkat ketebalan no.1 hingga ketebalan no.7 (punya saya sampai 9).  
Potong bulat (saya memakai plastik bulat wadah makanan).
Taburi lembaran kulit pangsit dengan tepung sagu agar tidak lengket
5. Kalau tidak ada gilingan mie, bisa menggunakan rolling pin/gilingan manual dari kayu. Caranya dengan membentuk bulatan2 kecil dari adonan (setiap bulatan kira2 seberat 15 gr). Giling dan tipiskan, kemudian cetak bulat.
Bisa langsung digunakan atau disimpan dalam freezer(di plastik ziplock).
Selamat mencoba

1 komentar:

  1. Hai Mba Intan, boleh tau Mba pakai pasta maker merek apa? Soalnya saya lagi hunting nih. Thanks ya

    BalasHapus