Laman

Kamis, 04 Desember 2014

DoLaeMon


Hayooo, siapa yang tau apa ya makanan kesukaan doraemon? Yup yup apalagi kalau bukan dorayaki. Yang kali ini saya beri nama DoLaeMon alias Dorayaki Nutella Montok. 


Biasa dorayaki diisi dengan pasta kacang merah. Sayangnya disini kalau mau ya harus buat sendiri. Ah susah cari kacang merahnya. Twink..twink..inget ada nutella. Kayanya cocok juga. Kebetulan cetakan dorayaki yang sudah lama dibeli, nganggur terus, harus segera dipergunakan nih kayanya.



Hasilnya endang gulindang. Mau coba membuat, yuk silakan dilihat resepnya :)


DoLaeMon (dorayaki nutella montok) resep mba Beta Wicaksono
Bahan:
2 butir telur
80gr gula pasir
1sdm madu
1/2 sdt soda kue
50ml air
130gr terigu protein rendah (sedang juga tidak apa apa)

Cara Membuat:
1. Kocok telur, gula, madu dengan whisk sampai agak mengembang / pucat (saya pakai mixer, tidak perlu lama lama sampai mengembang seperti buat cake. Yang penting lebih kental)
2. Masukkan tepung dan soda kue. Aduk dengan whisk, secukupnya. Agak kasar memang. Nanti akan menghalus setelah air masuk.
3. Masukkan air. aduk lagi dengan whisk. diamkan 10menit. aduk lagi.
4. Tuang dengan sendok sayur ke teflon datar, api kecil (wajan ditutup lebih baik, tidak juga tidak masalah). setelah muncul gelembung gelembung dan pinggiran tidak basah, balik adonan. panggang sebentar. angkat.

tips:
1. Ingat. langsung tutup dengan serbet, dorayaki yang sudah matang (panas). ini supaya dorayaki tetap empuk. simpan di wadah kedap. tahan 2hari.
2. Gunakan wajan datar teflon yang masih baik, supaya tidak lengket.
3. Untuk langkah pertama, kuaskan minyak tipis pada teflon, lalu lap dengan tisu halus. wajan seperti kering tanpa minyak kembali, tapi bila di usap tangan ada lapisan minyak tipis. lalu dadar adonan. setelahnya, tidak perlu kuas minyak lagi. supaya mulus..
5. Gunakan api kecil. ingat, api kecil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar