Laman

Selasa, 02 Desember 2014

Cireng



Ini cireng kedua yang saya buat. Masih memakai resep yang sama yaitu resep cireng yang diposting Pak Wisnu NCC yang berasal dari blog rina rinso. Yang pertama kali, sukses disantap sebelum difoto, karenanya kali ini dengan niat seteguh baja, saya membuat cireng dengan trik, jangan goreng sekaligus..hehehehe


Bukan apa-apa, cireng termasuk makanan kesukaan orang-orang di rumah. Kalau yang namanya cemilan asin itu, wuih pasti langsung diserbu.

Pada pembuatan cireng yang kedua ini sudah lebih baik dari yang pertama. Kalau yang pertama agak takut-takut panas saat lem kanjinya dituang, yang ini sudah lebih kebal tangannya.


Begitu juga dari segi menggoreng, sudah lebih bisa mengontrol api, agar matang sempurna, renyah, dan tetap puti warnanya. Aih senang deh akhirnya bisa juga mendapat foto cireng yang cantik (kata saya loh ya..hahahah).


Mau coba buat juga? Yuk deh dicatat ya resep di bawah ini :)

Cireng

Bahan :
150 gr aci/tapioka/kanji
1/2 sdt garam
1/2 sdt kaldu bubuk
1/2 sdt penyedap rasa
1 batang daun seledri, iris halus
Tepung tapioka untuk taburan, secukupnya

Biang :
50 gr aci
150 ml air dingin suhu ruang

Cara membuat :
1. Dalam sebuah wadah besar campur aci, garam, kaldu bubuk, penyedap rasa dan daun seledri. Aduk rata dan sisihkan.
2. Biang : dalam sebuah panci campur aci dan air, aduk sampai acinya larut. Nyalakan api kecil dan rebus sambil diaduk-aduk sampai kental, liat dan bening seperti lem.
3. Segera tuang biang panas ke dalam campuran aci kering. Uleni pelan-pelan menggunakan tangan. Hati-hati ya karena biang masih panas, gunakan ujung jari saja untuk nguleni. Setelah menghangat, uleni menggunakan telapak tangan sampai rata dan jadi menggumpal. Proses ini menggunakan sedikit tenaga supaya aci bisa menyatu dengan biangnya.
4. Taburi tangan dengan aci, ambil sejumput adonan dan bentuk menjadi bulat pipih. Lakukan sampai adonan habis. Supaya tidak melekat satu sama lain, taburi setiap lembar adonan dengan aci.
5. Panaskan minyak goreng agak banyak. Setelah panas, ambil sebuah adonan, tekan-tekan/cubit-cubit pinggirnya sampai tipis. Masukkan dalam minyak panas dan goreng menggunakan api agak kecil sampai matang dan sedikit kering. Angkat dan tiriskan. Sajikan hangat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar