Laman

Selasa, 02 Desember 2014

Homemade Noodles


Membuat mie sendiri tentu banyak kesenangan yang didapat. Biasanya jika saya membuat mie, praktis saya juga membuat teman-temannya yang sama-sama memakai alat giling. Bukan apa-apa, rempong kalau hanya untuk membuat mie, mengeluarkan alat gilingnya koq ya males banget.
 gilingan mie yang saya punya, mempunyai 9 tingkat ketebalan

Dengan membuat mie sendiri,bahan-bahan yang digunakan tentu kita sudah pastikan keamanannya. Bukan rahasia umum lagi, kalau mie instan yang beredar banyak mengandung bukan hanya MSG, perasa, pewarna, air ki, pengembang, dan pengawet yang berbahaya jika dikonsumsi tubuh. biar lelah sedikit, tapi tentunya lebih baik menggiling mie sendiri. Asik loh hehehe


Setelah kemarin sempat membuat mie sayur, kali ini saya membuat mie telur dari resep keluarganya mba Diana Cahya, ahlinya Charpao. Tidak perlu diragukan lagi, mienya enak banget.


Sekelas dengan mi dari Bakmi GM. Brand bakmi yang tersohor di Jakarta. Mienya mempunyai kelenturan dan kekenyalan yang main di lidah. Super kalau kata om Mario Teguh.


Tergoda melihat tampilan mie mentah di blog saya? Ayo deh jangan ragu-ragu. Mari kita buat mie sendiri yuk. Resepnya di bawah ini ya :)


Mie Mentah by Diana Cahya (saya hanya membuat 1/2 resep untuk 5 piring mangkuk mie)

Bahan :
1 kg tepung terigu protein tinggi
4 butir telur
200 cc air (masukkan perlahan2. sambil adonan diuleni)
1 sdm peres garam

Cara Pengolahan :
1. Campur terigu, telur, dan garam. Aduk rata. Lalu masukkan air sedikit demi sedikit.
2. Uleni adonan sampe kalis benar dan permukaan halus. jika berat dalam mengulen bagi adonan menjadi beberapa bagian lalu diulen sendiri2. Satukan kembali adonan.
3.Tipiskan dengan adonan mie dari ukuran yang terbesar, sampe ukuran yang dikehendaki (saya dari 1-8 dari 9 tingkat ketebalan. digiling 2-3kali setiap tingkat)(jangan lupa beri tepung sagu/kanji di sela2 menipiskan adonan) 
4.cetak di cetakan mie.
5.Masukkan ke dalam plastik ziplock agar mie tidak kering dan letakkan di freezer.

Tips
Bila ingin mengolah mie, keluarkan mie dari freezer.
Siapkan air mendidih dengan 1 sdm minyak sayur.
Masukkan mie dalam dalam keadaan beku (mie akan memuai saat dimasukkan ke dalam air mendidih)
Tarik2 mie dengan garpu agar mie tidak menggumpal
Sebaiknya air tidak pas2an, agar mie mengembang sempurna.

selamat mencoba :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar