Laman

Senin, 01 September 2014

Varian Kue Kering - Putri Salju

Mumpung lagi senggang, di sela-sela tugas kantor yang bikin mumet, saya lanjutkan lagi blogging hari ini. Hemm, sudah lama sekali tidak menulis di blog. Ada rasa bersalah juga, begitu banyak foto masakan tapi tidak sempat saya taruh di blog.

Kalau sudah begini saya jadi suka tertawa sendiri, kadang di facebook saya suka melihat ibu-ibu dan admin grup saling lempar 'centong' hahaah, karena admin di grup masak merasa member grup tidak mau membaca peraturan grup. Ada yang maksa selalu kalau posting foto ya harus sekalian posting resepnya. Jangan cuma bikin ngiler gitu. Dan ada juga yang hobi berkomen up, nyimak, titik, resep..hahaha. Sebagai silent reader, lucu juga sih. Bukan bermaksud menertawakan, tapi saya jadi melihat diri saya sendiri. Berkaca, puluhan bahkan ratusan resep masih antri yang belum sempat saya eksekusi.

Padahal setiap hari saya masak, buat kue, buat roti, tapi tetap saja gunungan resep itu tidak surut. Apalagi ditambah kalau ikut grup masak, setiap hari selalu ada saja resep baru, masakan baru, ide baru, jadi untuk apalagi memaksa yang posting foto untuk memberi resep, sampai maksa dan berkata pedas. Kasian juga kadang liat adminnya harus melerai para member yang saling membully. Kenyamanan di grup jadi hilang. Karenanya sekarang saya lebih senang menshare resep lewat wall facebook saya sendiri dan blog saya yang tercinta ini.

Yuk ibu-ibu semua, silakan masak, lalu foto, dan tulis kesan-kesannya di blog masing-masing. Pastinya akan merasakan bagaimana repotnya dan akan mulai mengerti bahwa memaksa seseorang memberi resep itu benar-benar tidak baik. Karena semua butuh proses dan perjuangan.

Oke, daripada kelamaan intermezzo dan melanturnya, kali ini yang saya share adalah resep putri salju tanpa kacang-kacangan.


Resep ini cocok untuk yang alergi kacang ataupun yang lagi tidak punya stok kacang di rumah. Resepnya saya dapat dari blognya catatan nina.


Meski tidak memakai kacang, rasanya tetap melt alias meleleh di mulut. Mau mencoba? Ini dia resepnya :)

PUTRI SALJU

Bahan :
300 gr margarin RPM
3 kuning telur
125 gr gula halus
400 gr tepung terigu protein sedang
100 gr maizena
50 gr susu bubuk (pakai 2 sachet)
50 gr keju cheddar parut, angin-anginkan sebentar
Taburan :
gula halus
gula donat
Cara Membuat :
- Kocok margarin, gula halus dan kuning telur dengan mixer kecepatan rendah selama 1 menit, asal adonan tercampur rata.
- Masukkan keju parut, aduk rata.
- Masukkan campuran terigu, maizena dan susu bubuk. Aduk rata memakai spatula atau sendok kayu.
- Cetak sesuai selera dan tata di loyang.
- Panggang dengan suhu 140'C hingga matang. Proses pemanggangan putri salju tidak perlu menunggu hingga berwarna kecoklatan, cukup hingga permukaannya kokoh dan kering serta apabila loyang diketukkan, sudah bisa terlepas berarti putri salju sudah matang.
- Panas-panas gulingkan ke dalam gula halus hingga rata kemudian gulingkan ke dalam gula donat.
- Siap ditata dalam toples
Notes :
- Menata putri salju agar terlihat cantik dalam toples adalah dengan cara meletakkan di dasar toples kemudian taburi gula donat, tata lagi lapisan selanjutnya dan taburi lagi dengan gula donat. Demikian seterusnya hingga toples penuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar