Laman

Kamis, 04 September 2014

Pom Pom Potatoes

Selain makin banyak variasi menu, jika mengikuti grup masak di facebook, dijamin akan menemukan hal-hal yang kreatif, menggiurkan, dan bikin ketagihan untuk terus masuk dapur. Ada beberapa masakan yang menjadi hits di grup. Bukan cuma masakan yang sulit, tapi biasanya yang menjadi hits adalah masakan yang unik, cantik, mudah dicari bahannya, dan mudah pembuatannya. Tapi meski mudah ada hal-hal tricky yang membuat resep itu gagal dieksekusi.


Contohnya si pompom potatoes ini. Dari bahan yang mudah didapat, cara pembuatannya juga sederhana, tapi masih banyak yang melaporkan hasil eksekusi pompomnya gagal, alias hancur saat digoreng. Saya sendiri, yang selalu menjadi silent reader ikut penasaran juga ingin mencoba membuat pompom. Katanya sih rasanya enak, meski tidak menambah perasa apapun lagi. 

Kalau begitu mengapa tidak? Ternyata syukurnya hasil pompom saya terbilang mulus, bahakan siapapun yang menggoreng tidak akan hancur. Ingin tau tips dan resepnya..ini dia :)

Pom Pom Potatoes

Bahan :
1 kg kentang, kukus hingga matang.
1 blok keju, diparut (ukuran 180gr)
1 sachet susu kental manis FG madu
2 butir telur, kocok lepas
tepung panir oranye secukupnya

Cara Membuat:
1. Angkat kentang yang  telah dikukus, lalu taruh di wadah baskom yang dilapisi kain bersih. Hal ini dimaksudkan untuk meminimalisir air pada kentang. Keluarkan kentang dari kain. Tumbuk halus ( saya memakai ulekan untuk sambal).
2. Tambahkan keju parut. Aduk rata.
3. Tuang susu kental manis. Aduk rata kembali.
4. Bentuk pom pom sesuai selera.
5. Lalu celupkan ke dalam kocokan telur. Balur dengan tepung panir. Dapat diulang jika ingin baluran tepung yang tebal.
6. Simpan di dalam freezer dalam wadah tertutup minimal 2 jam sebelum digoreng.
7. Jika ingin menggoreng, keluarkan kentang dan tunggu hingga suhu ruang. Goreng dalam minyak panas dan jangan dibolak-balik terlalu sering, agar tidak menyerap minyak.
8. Pompom siap untuk disajikan dengan saos sambal dan mayonaise :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar