Laman

Selasa, 11 Maret 2014

Jelly Art

Jauh sebelum jelly art beken di grup, saya sudah sering melihat pembuatannya di Youtube. Kagum pastinya, dan tidak yakin bisa membuatnya..hahaha.

Sempat tersimpan lama apalagi dengan kesibukan yang setiap hari ada saja, membuat saya melupakan jelly art ini. Tapi ketika di grup ramai pada posting karya-karya mereka yang cantik, waduh saya jadi ikut tergelitik. Pengen buat! Tapi oalah, susahnya mencari suntikan untuk membuat jelly art, padahal untuk membuat jelly art ini tidak harus menggunakan suntikan. Sayangnya pengetahuan itu saya baru ketahui belakangan setelah saya berhasil membeli suntikan dan tools jelly art secara online. 

Jika anda tidak punya suntikan, anda dapat menggunakan pipet. Tools yang anda inginkan juga tidak harus beli, bisa kita buat sendiri dari sendok-sendok plastik yang digunting mengikuti pola yang diinginkan.


Banyak jalan menuju Roma, meski kekreatifan saya kurang, akhirnya suntikan dan alat jelly art sampai juga ke rumah saya. Disana juga disertai resep untuk membuat jelly kanvas dan jelly pewarna untuk membentuk bunga. Waduh, rasanya tangan sudah gatal pengen segera mempraktekkannya.

Untuk uji coba saya yang pertama ini, saya tidak memakai tools, saya hanya memakai suntikan, karena saya ingin mengenal tekstur jelly apakah memang bisa dilukis..hahaha. Hasilnya no bad lah untuk uji coba pertama (menghibur diri..heheh)

Tenyata untuk membuat jelly art, ribet sodara-sodara. Pertama jelly warna harus terus-terusan panas, agar tidak cepat membeku. Walhasil saya mantengin kompor..hahaha. Seru tapinya. Sempat bikin orang rumah terkagum-kagum. Boleh dong bangga sedikit. 




Tekstur jelly kanvas yang lumayan alot, menyulitkan juga. Tapi karena dalam larutannya ada sedikit unsur agar, masih bisa tangan ini menari-nari melukis. Hanya sayangnya, penambahan agar membuat permukaan jelly kanvas kurang bening. Lain kali saya akan coba. Toh dengan tool yang ada, akan mudah 'merobek' jelly. Siapa takut heheh.

Karena bentuknya cantik, orang rumah malah tidak mau memakannya. Ughhh sempat kesel juga sih, udah cape-cape buat malah tidak dimakan. Akhirnya yo wislah saya aja yang makan sendiri. Sisanya saya bawa ke kantor untuk dicicipi sama teman-teman. Ternyata di kantor nasib jelly art saya juga sama, mereka lebih suka melihat, daripada memakannya. Ya sudahlah..(jadi curhat). Yuk yang mau buat saya sertai di bawah ini resepnya. Untuk step by step akan lebih jelas jika melihat youtube. Let's go.


Jelly Art

Resep Adonan Bening :
1 bungkus nutri jell isi 15 gr (kurangi 3/4 sendok teh)
Agar-agar swallow 3/4 sendok teh
600 ml Air
75 gr gula pasir (boleh ditambah jika kurang manis)
Vanili (optional)

Resep Adonan Warna :
3/4 Sdt nutrijell
3/4 sdt agar-agar bubuk
75 gram gula pasir
600 ml susu cair
Pewarna 

Cara Membuat :
1. Rebus bahan adonan bening sampai mendidih, cetak dan dinginkan hingga keras.
2. Rebus bahan adonan warna hingga mendidih, Taruh didalam mangkuk-mangkuk kecil, beri pewarna.
3. Ambil adonan warna dengan injeksi. tusuk dibagian tengah cetakan dengan gerakan keatas dan kebawah sampai terbentuk putik bunga. Gerakkan injeksi perlahan, tetap disatu titik, buat gerakan melingkar membentuk bunga.
4. Ambil adonan warna lain, lakukan gerakan yang sama melingkari putik. Buat kelopak bunga.
5. Terakhir, adonan susu yang masih tersisa tambahkan agar lagi secukupnya lalu tuang untuk menutupi bekas suntikan. Selamat mencoba...




1 komentar: