Laman

Senin, 24 Maret 2014

Donat Empuk

Donat adalah makanan cemilan yang paling sering saya coba, dari yang tidak memakai kentang sampai yang pakai. Hasilnya sama, keras! Hahaha..sampai sudah beberapa kali buat, tetap membuat saya tidak menyerah, alias tetap penasaran mengapa donat saya selalu tidak enak rasanya. Padahal dari review resep yang banyak bertebaran di internet, donat termasuk makanan yang mudah dibuat. Wah apa yang salah dengan saya ya. Resepnya sudah dicari yang paling oke. Tapi belum empuk. 

Cari lagi cari lagi, ternyata terdamparlah saya (bahasa alay) di blog teh nenis, ketua BKR. Ampun ya baru sekarang saya tahu kalau teh Nenis punya resep donat empuk. Saya jadi ingin coba. Resep donat empuk teh Nenis ini didapat dari Pak Sahak Pribadi, yang memang jago dalam bidang baking. Kayanya mantaps. Tidak sabar saya pun langsung mencobanya. Berhubung penghuni rumah tidak banyak, akhirnya saya memutuskan setengah resep saja. Jadi kalau gagal tidak banyak bahan terbuang, dan juga tidak harus payah menghabiskannya. Hahaha


Hemmm.. ternyata hasilnya sukses sodara-sodara. Donat empuk yang cantik rupanya berhasil saya buat. Nikmatnya, apalagi saya memakai banyak topping untuk donat ini, lelehan coklat, parutan keju, dan taburan meses. Just one word Delicious. Anda penasaran? Sama saya juga (kaya acara tv aja). Yuk mari coba membuatnya. Resep di bawah ini sudah saya modifikasi sesuai dengan ketersediaan di rumah ya. Yang ingin tahu resep aslinya bisa dicari di google ya :)

RESEP DONAT EMPUK
Resep by Sahak Pribadi dari blog Nenis Kitchen
modified by Me (untuk 1/2 resep)

Bahan A :
Tepung Cakra 250 gram
Tepung segitiga 200 gram
Ragi instant 11 gram
Gula pasir 75 gram
Susu bubuk 20 gram
Garam 1/4 sdt

Bahan B :
1 butir telur

Bahan C :
Air es 200 cc.

Bahan D :
Margarin 90 gram

Topping :
DCC dilelehkan
Keju Parut
Meses

Cara membuat :
1. Campur semua bahan kering ( kecuali garam ) menjadi satu lalu aduk sampai merata.
2. Masukan telur sambil diuleni.
3. Tuangkan air sedikit - sedikit sampai habis
4. Masukkan margarin aduk lagi. 
5. Masukan garam lalu uleni sampai kalis kurang lebih selama 20 menit.
6.  Diamkan selama 20 menit.
7. Timbang adonan 50 gram lalu bulatkan dan lubangi tengahnya.
8. Diamkan selama 20 menit.
9. Goreng dengan api kecil sampai warnanya kecoklatan atau sampai matang.
10. Hias dengan topping sesukanya.

NB : Minyak harus banyak.
Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar