Laman

Senin, 31 Maret 2014

Cakwe

Dulu waktu saya masih duduk di sekolah dasar, jajanan satu ini memang selalu jadi favorit saya. Bahkan kalau di rumah dengan keempat kakak saya selalu mencoba bikin sendiri karena saking doyannya. Modalnya cuma terigu, garam, dan ragi. Namanya anak kecil, yang penting bentuknya sudah mirip ya sudah. Enak enak aja kalau buat sendiri. Hahahah

Beranjak usia, jajanan ini semakin sulit ditemui, karena kebetulan saya pindah dari kota saya yang tercinta. Kalau di Bogor jajanan cakwe menghampar di sudut jalan. Rasanya enak banget. Dari yang harga 1000 sampai 2500. Makin mahal makin empuk. Kalau pulang kampung tiada hari tanpa membeli cakwe.



Dimakan begitu saja enak, apalagi pakai bubur, wisshh surga. Hahaha. Dan orang-orang di rumah selalu kompak. Lima kakak beradik doyan semua. Seru dan kompak ya. Tapi memang jajanan ini susah untuk dibuat. Biasanya hasil yang saya dapat selalu keras, meski memakai amonia. Ikuti resep plek ketiplek pun selalu gagal. Gemesss pokonya. Lalu secara kebetulan saya lihat mba Ainur dari grup MPR posting resep tanpa amonia, baking powder, tanpa baking soda. Rahasianya pakai ragi. Jadi teringat masa kanak-kanak saya dulu. Coba aja deh siapa tahu berhasil kali ini. 

Beneran sodara-sodara. Mengikuti tips, cakue saya sukses mekar, dan empuk. Cihuiii saya mau lompat rasanya. Anda penasaran, silakan diintip resepnya yuk
Cakwe garing diluar empuk didalam

Bahan :
350 gram tepung terigu cakra
150 gram tepung terigu segitiga biru
1 sdm minyak goreng
1 sdt garam
1 sdt kaldu bubuk
5 gram ragi instan
1 sdt gula
350 ml air (Takaran ini kira kira saja, kalau sudah kalis hentikan penambahan air)

Cara Membuat :
 Campur semua bahan jadi satu kecuali garam
Tambahkan air sedikit demi sedikit
Uleni lalu masukkan garam
Uleni lagi hingga kalis
Tutup serbet lalu fermentasikan hingga mengembang dua kali ukuran semula (tips : fermentasi akan lebih cepat dalam okondisi udara hangat. Bisa dengan menyimpannya dekat magic com, kira-kira sejam)
Bagi dua adonan, lalu tarik memanjang seperti persegi panjang 
Potong-potong adonan kira-kira 3 cm
Ambil 1 adonan yang telah dipotong, taburi tepung atasnya, lalu beri adonan lagi, kemudian tekan menggunakan sumpit yang ditaburi tepung.
Tarik lagi adonan yang telah ditekan sumpit hingga memanjang
Panaskan minyak goreng, lalu goreng hingga kecoklatan.

Note :
- Jangan menarik terlalu "ngotot" nanti tipis, akibatnya cakwe tidak berongga
- Jangan lupa menaburi tepung diantara dua adonan yang ditumpuk agar lapisan cakwe terlihat. Kalau tidak, lapisannya tidak terlihat, jadinya seperti roti goreng.
- Apabila suka yang gurih asin, silakan tambahkan takaran garam. Jangan campur garam berbarengan dengan ragi ya, karena garam bisa mematikan ragi. Uleni adonan dulu baru masukkan garam.

Bahan Sambal Kacang:
500 gram kacang tanah kulit, digoreng
25 gram cabai merah keriting, digoreng
15 gram cabai rawit utuh
175 gram gula merah sisir
5 sendok teh garam
750 ml air panas
2 1/2 sendok makan air asam


Cara Pengolahan :
Haluskan kacang tanah, cabai merah keriting, cabai rawit, gula merah, dan garam. Masukkan air panas dan air asam. Aduk rata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar