Laman

Senin, 24 Maret 2014

Bolu Sarang Semut

Waktu kecil, penganan ini sering saya lihat. Tapi saya tidak tertarik, karena warnanya kurang menarik. Maklum namanya anak kecil, lebih suka cake atau kue yang ceria. Tapi baru-baru ini ada ibu dari teman saya yang menonjolkan kue ini lagi. Sembari promo-promo yang katanya kue ini enak sekali dengan rasa susu, legit dan lezat.


Dari banyak yang kubaca dari forum, sudah beberapa kali orang-orang memposting kue ini di grup. Ternyata kue ini gampang susah susah. Hahaha, istilah baru ya. Artinya lebih banyak susahnya daripada mudahnya. Waduh, ketar ketir juga saya, berani tidak ya mencoba kue ini. Tapi saya pede-pedein aja. Bermodal nonton youtube untuk step by step membuatnya, dan saya mencoba memakai resep mba Ricke.

Hasilnya memang cukup bikin deg-degan, saking tidak sabarnya saat baru keluar dari oven langsung saya belah, karena penasaran apakah kue ini bersarang alias bolong-bolong. Ternyata bolong sodara-sodara. Bisa dilihat dari foto yang saya lampirkan di atas. Mau coba, yuk!

Bolu Sarang Semut (Bolu Karamel)
by Ricke 'Bunda Nadhifa'

Bahan:
Untuk sirup karamel:
400 gram gula pasir
400 ml air panas
5 lembar daun jeruk purut, iris tipis
2 lembar daun pandan, iris tipis
---> hasil akhir ditakar 400 ml

5 butir telur
120 gram terigu protein sedang
150 ml susu kental manis
150 gram margarin, lelehkan dan dinginkan
1 sdm soda kue

Cara membuat:
1. Sirup karamel: Panaskan gula pasir di wajan hingga kecoklatan (jangan sampe gosong ya ntar pahit) dengan api kecil, tambahkan air panas. Biarkan hingga mendidih dan gula larut. Masukkan daun jeruk purut dan pandan. Masak hingga wangi. Angkat dan dinginkan. Saring dan buang daunnya. Takar 400 ml. Sisihkan.
2. Panaskan oven 180'C. Siapkan loyang tulban diameter 22 cm, olesi dengan margarin/minyak dan taburi dengan terigu tipis-tipis.
3. Kocok lepas telur dengan whisk hingga berbusa dan rata. Masukkan terigu sedikit demi sedikit bergantian dengan sirup karamel sambil diaduk sampai rata dan licin. Saring bila perlu.
4. Masukkan susu kental manis, aduk rata. Masukkan margarin cair. Aduk rata.
5. Terakhir masukkan soda kue. Aduk rata. Segera tuang ke loyang dan panggang dalam oven hingga matang (kurang lebih 45 menit).
6. Keluarkan dari loyang, dinginkan dan potong-potong.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar