Laman

Minggu, 02 Maret 2014

Bolu Gulung Coklat

Hemmm.. hari ini posting resep apa ya? Setelah cukup lama tidak menulis di blog, dikarenakan kesibukan yang semakin padat. Dari kerja hari Senin sampai Sabtu, kadang diselingi dengan kegiatan Latbar bersama BKR, juga memenuhi pesanan cake yang puji Tuhan semakin berdatangan seiring berjalannya waktu.

Rasanya waktu 24 jam tidaklah cukup, belum lagi masih banyak antrian resep yang menunggu dieksekusi. Meski sudah beberapa yang sudah dipraktekkan, plus difoto-foto, tapi untuk menulis blog memang membutuhkan waktu luang sendiri. Dan di waktu luang yang sedikit itu, saya masih harus melaksanakan kewajiban saya menulis buku. Bukan buku resep lho, tapi buku TIK. Buku melatih komputer bagi anak SD. Hahaa, iya memang jauh dari tujuan blog ini dibuat, sebenarnya komputer adalah salah satu dari kegemaran saya selain memasak. Apalagi masih ada niatan saya untuk meneruskan jenjang pendidikan saya ke level yang lebih tinggi. Hemmm kira-kira masih bisakah hobi masak ini tetap tersalurkan, plus curhat en menulis di blog. Semoga saja saya bisa ya kawan..hehehe

Setelah scrolling foto demi foto, akhirnya hari ini saya pilih foto masak saya yang lama. Sudah lama resep cake ini saya buat. Tapi baru sempat saya tulis sekarang, yaitu resep Bolu Gulung Coklat. Membuat cake roll memang gampang-gampang susah. Alangkah lebih baik jika ingin membuat cake, untuk lebih rajin melihat tips dan trick atau menonton dari Youtube untuk mengurangi tingkat kegagalan. Buka sombong ya kawan, tapi berdasarkan pengalaman saya, selama membuat bolu gulung dari awal pertama sampai sekarang saya tidak pernah patah. Lumayan kan nggak sayang bahan..hahaha.


Bolu gulung ini saya modifikasi dari resep mba Ariesta empunya pemilik blog dapur griya khayangan. sebenarnya resep aslinya tentang bolu ekonomis. Maklum karena masih pemula, saya selalu memilih resep ekonomis, biar kalau gagal nggak terlalu sesak..hahahah.

Di resep asli, bolu ini rasanya plain, berhubung saya agak trauma dengan bolu gulung yang suka mengeluarkan bau amis, akhirnya saya membuatnya dengan versi coklat. Apalagi kalau di rumah, versi coklat selalu laris manis..Yuk, dicoba :)

BOLU GULUNG KLASIK dan EKONOMIS
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan, modified by : Intan-VegDelicious

Bahan:
3 butir telur
50 gr gula pasir
15 gr tepung terigu
15 gr bubuk coklat gelap
5 gr tepung maizena
5 gr susu bubuk
1/2 sdt SP (emulsifier)
40 gr margarin/mentega cair

Cara Membuat:
1. Masukkan semua bahan ke dalam mangkok besar kecuali margarin/mentega cair, kocok dengan mixer hingga adonan putih kental (soft peak). Bolu ini menggunakan sistem kocok bersama, sehingga diharapkan menghasilkan pori2 cake yang lebih halus dan lembut meskipun hanya sedikit memakai telur.
2. Masukkan margarin/mentega cair, aduk adonan perlahan hingga tercampur rata.
3. Tuangkan adonan ke dalam loyang kotak ukuran 24x24x3cm (hasil agak tipis) atau 22x22x3cm (hasil agak tebal) yang sudah diolesi margarin dan dialasi kertas roti, dan kertas rotinya olesi juga dengan margarin.
4. Panggang di dalam oven dengan panas 180'C, selama kurang lebih 15 menit. Jika sudah matang segera keluarkan dari oven.
5. Dinginkan, balikkan bolu gulung diatas kertas roti. Olesi dengan filling coklat secara tipis dan rata. Kemudian gulung perlahan dan padatkan, simpan dulu di dalam kulkas kurang lebih 1/2 jam. Oles bagian atas dengan frosting coklat dan hiasan sesuka hati. Masukkan kembali ke kulkas kurang lebih 1/2jam. Potong2 sesuai selera. 

Filling dan Frosting (Black Magic Cake by Hershey's):
Bahan :
1/2 cup (1 stick ) mentega atau margarin
2/3 cup bubuk coklat
2 cups gula bubuk
1/3 cup susu cair
1 sdt vanilla extract

Caranya :
Cairkan mentega. Masukkan coklat bubuk, aduk. Tambahkan gula bubuk dan susu bergantian, mikser hingga kekentalannya dapat di oles. Tambahkan susu bila dibutuhkan. Aduk vanilla. (untuk 2 cup frosting).

Rasanya very fantastis, enak apalagi pakai isian coklat, wow 3 potong pun tidak cukup...hehehe..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar