Laman

Minggu, 23 November 2014

NCC Brownies Week - Map Tapai Brownies

Salam admin, moderator, dan para NCCers. Ini kali kedua saya mengikuti event yang diadakan NCC. Rasanya kurang afdol kalau sebagai anggota NCC tidak mengikuti event yang diadakan, meski sekedar berpartisipasi, tetap bangga rasanya, apalgi kalau surat cinta diselipi badge event datang. Cihuy pokoknya.

Nah pada event brownies week ini, saya memberanikan diri. Kenapa begitu, kali ini bukan hanya resep tapi juga tampilan dari segi fotografi dinilai. Wah makin aduhai tantangannya. Cari resep, ubek-ubek eh dapat juga brownies yang layak dicoba. Brownies dengan bahan tapai dan siraman cream cheese. Bisa ga ya buatnya? Total tiga kali saya mengeksekusi resepnya. Oh ada apa ya? Resep ini susah banget. Dari salah loyang, cream cheese yang abal-abal, sampai belum matang. Fiuhhh, panjangnya kalau amatir kaya saya bikin kue.

Rasanya cukup ya intermezzo saya hahaha. Bagi NCCers yang ingin mencoba, saya yakin hasilnya pasti lebih bagus dari saya. Harap dimaklumi selain jam terbang yang minim, kadang modifikasi saya karena terbatasnya bahan membuat resep ini susah juga dieksekusi. Tapi kalau bahan lengkap silakan ikuti resepnya plek ketiplek. Resep saya ambil dari tabloid nova dengan modifikasi saya. Ini dia resepnya.

Map Tapai Brownies

Bahan Isian Keju: 
100 gr cream cheese (saya buat dari 50keju parut+50ml susu cair+ 1/2sdt margarin..semua bahan ditim jadi satu hingga larut)
30 gr gula tepung (saya pakai gula pasir yang diblender)
1/4 sdt garam
1 bh kuning telur
50 gr coklat putih, lelehkan dengan cara ditim
 
Cara Membuat:
1. Kocok cream cheese, gula tepung, dan garam sampai lembut. Tambahkan kuning telur. Kocok rata.
2. Masukkan coklat putih leleh. Kocok rata. Masukkan dalam kantong segitiga. Sisihkan.
 
Bahan brownies:
100 gr margarin
125 gr dcc, potong potong
2 butir telur
80 gr gula pasir
1/4 sdt garam
100 gr tapai, haluskan
50 gr tepung terigu protein sedang
10 gr coklat bubuk
10 gr susu bubuk
1/4 sdt BPDA

Cara membuat:
1. Panaskan margarin. Matikan api. Tambahkan potongan DCC. Aduk sampai larut dan dinginkan.
2. Kocok telur, gula pasir, dan garam dengan kec tinggi selama 2 menit. Masukkan tapai. Kocok rata
3. Masukkan campuran margarin sedikit demi sedikit sambil dikocok rata. Tambahkan terigu, coklat bubuk, susu bubuk, dan BPDA sambil diayak dan dikocok perlahan.
4. Tuang ke loyang ukuran 30x10x4 yang telah dioles margarin dan dialas kertas roti.
5. Semprot adonan keju ke beberapa tempat hingga sedikit ke dalam.
6. Oven dengan api bawah suhu 180C selama 30 menit.

Selamat mencoba :)
Dan badge yang dinanti tiba juga :).. makasi host :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar