Laman

Kamis, 27 November 2014

Bika Ambon


Ini bukan kali pertama saya membuat bika ambon. Terus terang ini salah satu dari cemilan favorit saya (kayanya semua makanan favorit deh..heheheh). Dari bika ambon keju, pandan, dan almond sudah saya pernah coba. Tapi ya itu saya tidak foto atau simpan resepnya.

Baru sekarang ini, setelah saya membuat blog, masak apa saja difoto dulu dan disimpan resepnya..hehehe. Nah kali ini saya memakai resep bika ambon dari mba Ida Syamsiah, salah seorang member grup masak di fb. Resepnya cetar dan anti gagal. Bahkan bisa dibuat dengan berbagai versi dari memakai kukusan, oven, sampai cobek sambal pun bisa. Keren ya.


Sebenarnya niat awal adalah membuat cara bikang, eh hadaladah sudah dua kali saya gagal membuatnya. Hikkss tapi aku rapopo. hehehe. Saya balaskan dendam cara bikang ini dengan membuat bika ambon menggunakan cetakan kue lumpur, dan saya mekarkan untuk memperlihatkan serat bika ambon yang aduhai ini menjadi bentuk bunga.

Hasilnya lumayan, meski agak pait karena gosong, tapi yang kuningnya tetap maknyozzz rasanya. Bikinnya tidak pakai ribet tapi hasilnya wow. Penasaran, mau coba. Yuk ini dia resepnya :)

Bika Ambon
Bahan :
1 1/2 gelas terigu
1 1/2 gelas tapioka ( saya pake sagu Tani )
2 gelas santan ( saya pake santan kara besar lalu diencerkan sampai 2 gelas)
2 gelas gula pasir
5 butir telur
1 sdm permifan ( 1 bks)
1 sdt vanilli
50 gr margarine ( dicairkan )
10 lembar daun jeruk
2 batang serai 
sedikit garam

Cara membuat :
1. Rebus santan bersama daun jeruk , serai, dan garam, dinginkan.
2. Campur terigu, tapioka, fermipan, vanilli dan santan yang sudah dingin diamkan 20 menit.
3. Masukkan telur, gula, mentega diamkan lagi 1 jam.
4. lalu masukkan
ke cetakan kue lumpur. Isi cetakan sekitar 3/4 saja lalu tunggu sampe keluar buih-buihnya yang banyak baru ditutup. Ingat pakai api yang sangat kecil.
 
Tips:
Pada saat memanggang, jangan ditutup, tunggu sampai keluar buihnya dan naik kemudian buihnya turun lagi. Barulah cetakan kue lumpur ditutup. ( ini penting supaya bika ambon bersarang).

Selamat mencoba :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar