Laman

Selasa, 29 April 2014

Triple Chocolate Mousse Cake

Sungguh sejak melihat tampilan kue ini di blog mba Ricke, benar-benar kue idaman yang ingin sekali mencoba mengeksekusi. Tampilan kuenya sungguh cantik, rapi, dan memikat. Sayangnya bukan cuma cara buatnya yang menurut saya njelimet, tapi juga karena bahannya ada yang sulit saya peroleh, yaitu gelatin.Berhubung sebagai seorang vegetarian saya tidak bisa mengkonsumsi gelatin yang asalnya dari hewan, beberapa kali niat mengeksekusi resepnya ini mundur secara teratur.

Tak sengaja, saat sedang jalan-jalan ke TBK, saya menemukan ada gelatin vegetarian, wow. Kayanya ini takdir (aih bahasanya) untuk saya segera mengeksekusi resep ini. Kebetulan ada moment penghuni rumah ada yang ultah. Kayanya udah semua momentnya.


So tidak tunggu lama, saya memberanikan diri untuk mencoba. En terbukti. Super jelimet. Kalau ada angka kesukaran membuat kue dari 1-10, ini kue rangkingnya no 1. Susah betul hikss >.<. Banyak accident menggenaskan ketika mengolah cake ini. Dari pecahnya mousse cakenya, sampai apa ya, saking ribetnya udah gak bisa saya tuliskan lagi.

Tapi meski kuenya tidak semulus yang saya harapkan, rasanya emang totally delicious. Dingin-dingin sluruppp. Ini penampakan dalamnya


Mau coba juga? Silakan ini saya share resepnya dari blog mba Ricke..cekidot

TRIPLE CHOCOLATE MOUSSE CAKE

By Ricke Indriani

Dark Chocolate Cake
Bahan:
5 butir telur
75 gram gula pasir
1 sdt cake emulsifier
½ sdt vanilla

70 gram terigu all purpose (protein sedang)
30 gram coklat bubuk
10 gram maizena
1 sdm susu bubuk
---> Campur dan ayak

50 gram butter/margarin
40 gram dark chocolate, cincang
---> Lelehkan bersama dan aduk rata

1 sdt pasta coklat (optional)

Cara membuat:
Siapkan loyang kotak ukuran 22 cm. Alasi bagian bawahnya dengan kertas roti/baking paper. Oles mentega. Sisihkan.
Panaskan oven 180’C.
Pengocokan seperti membuat sponge cake biasa. Telur, gula pasir dan emulsifier dikocok terlebih dahulu sampai mengembang kental dan ‘jambul petruk’. Baru masukkan bahan kering, aduk rata. Masukkan campuran butter/margarine-dark chocolate dan pasta coklat. Aduk balik merata. Tuang ke dalam loyang. Panggang sampai matang sekitar 30-35 menit.

Dark Chocolate Mousse
Bahan:
110 gram susu cair (ditimbang)
5 gram gelatin bubuk
2 sdm air
175 gram dark chocolate, cincang
300 gram non dairy whip cream dingin (jika dari whip cream bubuk bisa dibuat dari 100 gram whip cream bubuk + 200 ml air es)

White Chocolate Mousse
Bahan:
110 gram susu cair (ditimbang)
5 gram gelatin bubuk
2 sdm air
175 gram white chocolate, cincang
300 gram non dairy whip cream dingin (jika dari whip cream bubuk bisa dibuat dari 100 gram whip cream bubuk + 200 ml air es)

Cara membuat:
Dark chocolate mousse:
Larutkan gelatin dengan 2 sdm air, aduk rata. Diamkan. Gelatin akan menyerap air dan membentuk gel. Sisihkan.
Panaskan susu cair dengan api kecil, cukup sampai terlihat bagian pinggirnya mulai mendidih. Matikan api. Masukkan gelatin. Aduk rata dengan hand whisk sampai gelatin benar-benar larut.
Taruh dark chocolate cincang dalam wadah agak besar. Tuangi susu panas. Diamkan hingga coklat terlihat meleleh. Aduk hingga tercampur rata. Sisihkan. Jaga tetap hangat kuku.
Kocok whip cream hingga setengah kaku (soft peak). Campurkan bertahap ke dalam campuran coklat. Aduk rata.

Siapkan loyang ring bulat diameter 20 cm, atau loyang bongkar pasang (springform) diameter 20 cm.
Trim bagian atas cake yang berkulit supaya rata. Belah cake menjadi 2 bagian.
Letakkan selembar cake pada dasar ring/loyang. Basahi dengan simple syrup (supaya lembab). Tuangi dark chocolate mousse, ratakan. Simpan di freezer supaya set.

Buat white chocolate mousse dengan cara yang sama. Tuang di atas lapisan dark chocolate mousse. Ratakan. Tutup dengan selembar cake lagi. Basahi dengan simple syrup. Simpan kembali di freezer.

Chocolate Glaze:
115 gram dark chocolate, cincang
80 gram whip cream cair
3 sdm madu atau light corn syrup
1 sdm vegetable oil/minyak goreng

Cara membuat:
Panaskan whip cream. Matikan api. Masukkan dark chocolate cincang, aduk hingga coklat meleleh semua dan tercampur rata. Masukkan madu dan vegetable oil. Aduk rata. Tuang di atas cake. Ratakan. Simpan kembali di freezer. Bekukan minimal 2,5 – 4 jam. Baru dikeluarkan dari ring/loyang. Sajikan dingin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar