Laman

Selasa, 01 April 2014

Puding BlackForest Pisang

Hehehe kali ini saya coba untuk mengikuti event yang diadakan 1 grup masak saya di facebook. Grup Masak Bareng. Semoga saja postingan saya yang pertama di grup ini berkenan diterima.



Meski pemula, tapi saya suka mengikuti event-event yang diadakan grup-grup masak. Bukan cuma menguji keterampilan memasak, tetapi juga menguji keberanian, sekaligus keterampilan mengabadikan foto masakan, agar terlihat menarik dan menggugah selera. Membuat orang yang melihatnya ingin ikut mempraktikkan resep dan ngiler melihat masakannya. Hehehe


Tema kali ini yang saya ikuti adalah "puding Dingin". Pas banget dengan cuaca yang akhir-akhir ini panas menyengat. Banyak tampilan puding dan resepnya berseliweran membuat saya bingung juga mau pilih yang mana, akhirnya saya ambillah satu resep puding yang belum pernah saya buat. Puding BlackForest namanya. Mungkin puding ini sudah tidak terlalu asing, tapi semoga saja para pembaca tidak bosan ya. Saya mengambil sumber resep dari puding blackforestnya mba Nina dari Catatan Nina.


Kebetulan ada teman yang akan merayakan satu bulan kelahiran putrinya, wah pas banget ya momentnya. Puding blackforest seperti bentuk cakenya memang bisa dijadikan sebagai hantaran. Dan karena untuk satu resep banyak kelebihannya, saya cetak ke dalam cup cup kecil biar keliatan lapisannya. Untuk mempercantik saya tambahkan asesories potongan pisang tanduk berbentuk bunga. Ternyata makin menambah kaya rasa dari puding ini.

Hiasannya sederhana saja, selain karena ilmu perdekoran saya masih sangat minim, waktunya juga mepet sekali. Akhirnya jadilah seperti yang difoto, diberi pagar coklat ditambah sedikit buttercream dan cery siap dihantar ke rumah teman.
Mau mencoba membuatnya juga? yuk silakan dilihat resepnya di bawah ini

PUDING BLACKFOREST
source : Ratih Rozana
modified by Nina n me

Bahan:
2 bungkus agar-agar plain
500 ml susu kental manis
1400 ml air
3 sdm gula pasir (tergantung selera)
sejumput garam
40 gr coklat bubuk
80 gr DCC, serut halus
1 butir telur, pisahkan bagian putih dan kuningnya
2 sdm pasta blackforest

Topping :
Pagar coklat
Buttercream
Cerry
Bunga-bunga paste
Pisang tanduk, bentuk bunga

Cara Membuat Puding Coklat:
Campur agar-agar bubuk, air, SKM, gula dan garam. Aduk hingga tercampur rata.
Ambil kurang lebih 500 ml adonan, sisihkan untuk membuat puding busa coklat.
Masukkan coklat bubuk dan DCC pada campuran agar-agar, masak hingga mendidih.
Ambil 1 sendok sayur adonan, campurkan dengan kuning telur yang sudah dikocok lepas, masukkan kembali ke dalam adonan. Aduk dengan cepat hingga rata dan biarkan mendidih kembali.
Masukkan 1 sdm pasta blackforest, aduk rata.
Tuang 1/2 bagian agar-agar coklat ke dalam loyang yang sudah dibasahi air, dinginkan hingga agak set.
Sementara sisa adonan direndam di dalam wadah yang sudah diisi air panas, agar tidak mengeras.

Cara Membuat Puding Busa Coklat:
Masak sisa campuran agar-agar yang telah disisihkan tadi hingga mendidih, masukkan 1 sdm pasta blackforest.
Biarkan sampai adonan agak hangat.
Kocok putih telur hingga kaku (cirinya apabila bowl dibalik, adonan tidak akan tumpah)
Masukkan sedikit demi sedikit campuran agar-agar yang telah hangat ke dalam kocokan putih telur. Kocok hingga tercampur rata.

Penyelesaian:
Apabila puding coklat lapisan pertama sudah agak set, tuang adonan puding busa.
Diamkan hingga 1/2 beku dan kemudian tuang sisa puding coklat.
Diamkan hingga set dan dinginkan dalam kulkas.
Setelah dingin dan set, keluarkan dari  loyang dan siap dihias sesuai selera.


Selamat mencoba ^.^


Tidak ada komentar:

Posting Komentar