Laman

Senin, 28 April 2014

Bread in The Cup

Sudah dua minggu ini saya mencoba mengikuti program Food Combining, karena kegalauan tingkat tinggi akibat berat badan yang terus naik seiring semakin aktifnya saya baking en cooking. Bukan cuma kegemukan tapi mudah sakit sekaligus lelah yang membuat saya merasa harus merubah pola hidup saya, agar bisa lebih sehat dan pastinya dapat bonusnya yaitu tampil lebih langsing. Hehehe. Meski program Food Combining ini mengutamakan keseimbangan makan dan pola hidup, yang membuat saya happy adalah adanya kesempatan cheating alias curang hahaha. Curang dalam arti kata boleh melanggar sedikit dari pola rutin makan food combining
.
Kesempatan cheating itulah yang saya gunakan sebagai moment baking dan bisa makan hasil karya saya. Maklum kalau tidak dibatasi, bisa-bisa jarum jam bergerak terus ke kanan. >.<
Nah, kali ini saya berencanakan membuat donat atau roti. Kebetulan pas liat, eh ada stok tepung kentang yang belum tau mau digunakan untuk apa. Lagi kepengen makan roti atau donat lembut, tapi malas kukus kentang?? Mungkin resep saya ini bisa jadi alternatif.


Supaya praktis dan kelihatan lebih cantik, penyajian roti ini saya letakkan menjadi bentuk cupcake. Orang-orang di rumah malah bilangnya cupcake, karena rasanya yang lembut banget dan very yummy. Kelembutannya benar-benar membelai lidah. Dan lagi-lagi tiga donat plus dua roti sukses jadi penghuni perut saya. Alamak..benar-benar cheat >.<.

Untuk foto donatnya saya tidak tampilkan, karena saya juga tidak khusus-khusus memfotonya, karena sudah tidak tahan untuk segera melahapnya. So there's yummy n delicious bread in the cup recipe ...

Bread in The Cup ala Intan
Bahan A :
Tepung Cakra 250 gram
Tepung segitiga 125 gram
Tepung kentang 125 gram
Ragi instant 11 gram (1bungkus)
Bread improver 1 1/2 sdt (kalau tdk ada bisa dhilangkan)
Baking powder 1 1/2 sdt (kalau BPDA 3/4sdt)
Gula pasir 75 gram
Susu bubuk 20 gram

Bahan B :
Kuning telur 2 butir

Bahan C :
Air es 200 cc.

Bahan D :
Margarin 90 gram
Garam 1/4 sdt

Isian: dcc dan keju potong dadu
Olesan : 1sachet madu dan 2sdm susu cair
Topping : meses dan parutan keju

Cara membuat :
1. Campur semua bahan A menjadi satu lalu aduk sampai merata.
2. Masukan kuning telur satu persatu sambil diuleni.
3. Tuangkan air sedikit - sedikit sampai habis.
4. Masukan margarin aduk lagi.
5. Masukan garam lalu uleni sampai kalis (sekitar 15 menit, kalau tidak kuat, adonan dibanting-banting supaya mendapat tekstur roti)
6  Diamkan selama 20 menit.
7. Timbang adonan 60 gram. Bulatkan lalu pipihkan dan isi dgn bahan isian. Tutup dan bulatkan kembali.    Letakkan di dalam cup. Tunggu hingga mengembang 3/4 dari cup. Beri bahan olesan dan taburkan topping.
8. Panggang dgn oven yang telah dipanaskan sebelumnya, memakai suhu 180C..selama 18 menit.

Selamat mencoba :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar