Laman

Selasa, 29 April 2014

Pempek Dos

Wah kalau untuk makanan ini sudah bukan hitungan kali deh, tapi ratusan. Udah cocok banget sama resepnya Ny. Liem. Pas banget resepnya untuk saya yang vegetarian. Maklum bahan dasar pempek kan ikan.


Setiap kali bikin, selalu lupa untuk difoto. Akhirnya sebelum tandas disantap orang rumah, sehabis direbus, langsung saja saya ambil untuk dokumentasikan. Nanti saya akan coba foto yang sudah digoreng kalau misalnya buat lagi. Moga-moga masih ingat jangan kalap lagi pengen buru-buru makan..hahahah

Ini dia resepnya 


Pempek Dos: Pempek tanpa ikan
Resep diadaptasikan dari buku 500 Resep Kue & Masakan Koleksi Kursus Masak Ny. Liem yang Paling Diminati oleh Chendawati - Pempek Dos (Tanpa Ikan)
Untuk 16 buah pempek
Bahan:
- 500 ml air
- 2 sdm garam
- 3 sdt kaldu bubuk
- 250 gram tepung terigu Segitiga Biru
- 4 butir telur
- 400 gram tepungsagu

Isi:
2 butir telur, kocok lepas

Saus cuko:
- 200 gram gula merah
- 100 gram gula pasir
- 500 ml air
- 3 sendok makan cuka atau 100 ml air asam Jawa

Haluskan :
- 5 cabai rawit merah
- 3 cabai merah keriting
- 1/2 sendok makan garam

Cara membuat:
  • Siapkan panci kecil, masukkan air, garam, kaldu bubuk dan bawang putih halus. Masak hingga air mendidih, aduk hingga bahan larut. Kecilkan api kompor, tambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit menggunakan tangan kiri sementara tangan kanan mengaduk cepat dengan menggunakan spatula atau pengaduk. Sebaiknya jangan menggunakan spatula balon, karena adonan akan menggumpal di dalam kawat balon. 
  • Aduk hingga adonan kalis dan matang. Lakukan dengan cepat karena adonan cepat mengeras dan gosong. Angkat dan biarkan hingga dingin. 
  • Tuangkan adonan tepung yang telah dingin ke dalam mangkuk mikser, tambahkan 1 butir telur kemudian kocok dengan kecepatan rendah hingga tercampur baik. Tambahkan lagi 1 butir telur dan teruskan mengocok hingga terbentuk adonan yang halus, bebas gumpalan.
  • Tuangkan adonan ke dalam mangkuk, tambahkan tepung tapioka/kanji sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga adonan kalis dan tidak lengket di tangan.
  • Ambil segumpal adonan, kira-kira sebesar bola ping-pong, bulatkan dengan menggelindingkannya di telapak tangan. 
  • Letakkan bola adonan di tangan kiri, tekan bagian tengah adonan dengan ibu jari tangan kanan hingga terbentuk cekungan. Lebarkan dan dalamkan cekungan dengan jari anda, tujuannya adalah kita akan membuat kantung di adonan agar bisa diisi dengan kocokan telur.
  • Jangan buat kantung terlalu lebar, tetapi buatlah kantung yang dalam. Mulut kantung yang lebar akan membuat kita susah untuk menutupnya ketika telah diisi telur, telur yang mengenai permukaan kantung akan membuat adonan susah lengket ketika akan ditutup.
  • Tekan-tekan kantung agar menipis dan mau memanjang. Jika kantung telah jadi dan cukup dalam untuk menampung kocokan telur, tuangkan kira-kira 4 sendok makan kocokan telur, hati-hati jangan sampai menetesi permukaan kantung adonan.Tutup kantung dan jepit dengan jari anda hingga menempel dengan baik, tekuk ujung-ujungnya agar tidak terbuka saat di rebus. 
  • Masukkan pempek ke dalam air mendidih, rebus hingga matang. Pastikan untuk merebus pempek hingga telur benar-benar keras. Pempek yang telah mengapung bukan berarti telur telah matang, lanjutkan terus merebus hingga pempek dan telur matang. Kira-kira membutuhkan waktu 20 menit untuk membuatnya matang atau tekan dengan jari anda, jika kantung telah keras berarti telur telah matang.
  • Goreng pempek dalam minyak panas hingga permukaannya kecoklatan, angkat dan tiriskan.
Membuat saus cuko:
Siapkan panci kecil, masukkan air, gula, bumbu halus dan garam. Masak hingga mendidih. Matikan api dan masukkan cuka/air asam jawa ke dalamnya. Aduk rata dan cicipi rasanya. Tambahkan cuka/air asam jawa dan gula jika rasanya kurang pas. Saring saus dan buang ampasnya. 

Penyajian:
Potong-potong pempek yang telah digoreng, tata di mangkuk atau piring dan siram dengan saus cuko. Bisa juga dilengkapi dengan rajangan ketimun.

Selamat mencoba :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar