Laman

Rabu, 12 Februari 2014

Variasi Roti Unyil

Bergabung dalam grup memasak meski hanya lewat online alias jejaring sosial terbukti banyak manfaat yang saya dapat. Apalagi sebagai amatiran seperti saya yang belajar memasak diperoleh secara otodidak, tidak pernah ikut kursus ataupun diajari termasuk oleh mama saya sendiri, berbagai sharing di grup masak sangat membantu wawasan saya dalam permasakan.

Sharing resep, narsis-narsisan memposting hasil masakan, berlanjut membaca curhatan dari teman-teman di grup yang hasil kuenya bantat, gosong, kompor meledak, sampai yang fotonya udah cantik banget, membuat 'ngiler' abis kalau melihatnya, benar-benar membawa hawa segar dan keceriaan dalam hidup saya. Dari situ juga saya tahu apa penyebab kegagalan saya dalam mengolah masakan, mengapa hasil masakan saya tidak sesuai dengan yang diharapkan, yang mungkin tidak akan saya dapatkan dari manapun.

Salah satu grup yang saya ikuti adalah BKR. Grup yang dirintis Teh nenis ini adalah kumpulan orang-orang yang ingin mencari rizki dengan membuat olahan dari rumah.Bakul Kue Rumahan pada setiap bulannya membuat even yang disebut BMS. Kalau saya tidak salah ini adalah singkatan Berani Masak Sendiri, event yang diadakan untuk membuat para anggota BKR menjadi lebih berani, kreatif, dan tidak lelah mencoba resep-resep baru yang diujikan.

Pada BMS #9 inilah, saya baru berani mencoba. Adapun resep yang diujikan adalah Roti Unyil alias roti imut. Biasa membuat roti, tidak membuat saya cukup pede mengirimkan foto roti saya ke BKR. Tapi untunglah dengan dorongan keluarga, tantangan kali ini saya taklukkan juga :)


Variasi roti unyil yang saya buat ada 5 macam bentuk dengan 5 macam rasa. Resep yang saya gunakan adalah resep yang dilampirkan para admin BKR, tapi saya modifikasikan sedikit, sesuai dengan ketersediaan di rumah.

Bahan A :
240gr tepung cakra
60 gr tepung segitiga biru
50 gr gula pasir diblender
10 gr susu bubuk
1/2 bks ragi instan

Bahan B :
1 kuning telur
150 ml air es

Bahan C :
40 gr margarin

Polesan :
1 kuning telur
50 ml susu cair
2 sdm margarin

Cara membuat :
1. Campur bahan A hingga rata. lalu masukkan bahan B, aduk hingga menjadi adonan padat.
2. Masukkan bahan C, uleni hingga kalis dan elastis (kurleb 20 menit, dengan gerakan menggilas seperti mencuci pakaian, diselingi membanting adonan).
3. Tutup dengan serbet lembab selama 30 menit.
4. Kempiskan adonan, lalu bagi adonan menjadi 45 bagian, bulatkan. Diamkan lagi 10 menit.
5. Bentuk adonan dan isi sesuai selera. Diamkan lagi 5 m3nit.
6. Oles dengan campuran kuning telur dan susu cair. Panggang dengan suhu 180C selama 15menit (jangan lupa panaskan oven terlebih dahulu).
7. Setelah matang pindahkan roti ke rak berkawat. Oles dengan margarin agar tampilan roti mengkilap.

Selamat membuat. Di bawah ini adalah foto-foto variasi roti unyil yang berbeda bentuk dan isiannya

ROTI UNYIL ISI KEJU



 ROTI UNYIL ISI COKLAT



 ROTI UNYIL ISI NANAS



 ROTI UNYIL ISI BLUEBERRY
 


 ROTI UNYIL ISI CHOCO CHIP


Tidak ada komentar:

Posting Komentar