Laman

Selasa, 11 Februari 2014

Japanese Cheese Cake with Homemade Cream Cheese

Di awal bulan penuh cinta ini, setelah liburan panjang yang cukup menguras tenaga karena papa saya mengalami serangan stroke, akhirnya saya menyempatkan diri lagi posting resep yang romantis dan mungkin bisa anda buat untuk orang terkasih.

Mengapa saya katakan resep ini romantis? Meski menggunakan bahasa sedikit lebay kalau kata anak sekarang. Entah mengapa saya selalu mengidentikkan cheese cake sebagai padanan romantis untuk buah cinta yaitu strawberry. Mungkin di waktu yang lain saya akan mencoba strawberry shortcake. Tapi sekarang anda-anda bisa puas dulu ya dengan japanese cheese cake yang saya buat ini.



Japanese Cheese cake adalah cake keju yang lenbut dan lebih ringan daripada jenis cheese cake lain, seperti newyork cheese cake, atau cheese cake yang biasa dijual di toko roti kenamaan. Tetapi untuk seorang vegetarian dan tinggal di kota kecil, agak mengalami kesulitan dalam mencari cream cheese, yang mana merupakan bahan utama pembuatan cheese cake.

Karena jika diganti dengan yogurt, atau sekedar keju tentu tekstur ringan yang kita inginkan dari JCC ini tidak akan kita dapatkan. Karena itu, setelah browsing sana-sini saya menemukan cara membuat cream cheese abal-abal alias buatan sendiri.
Resep JCC di bawah ini adalah hasil oprek-oprek saya dari berbagai resep cheese cake yang banyak berseliweran di google. Yuk, disimak aja :)


Bahan:
50 gr tepung terigu
50 gr tepung maizena
60 gr margarin 
90 gr gula kastor (gula pasir yang diblender)
250 gr homemade cream cheese
80 ml susu
3 putih telur
1 butir telur
2 sdm air perasan jeruk nipis
1/3 sdt garam
 
Hiasan:
Buttercream
Strawberry yang dipotong dengan cookies cutter bentuk bunga
 
Cara membuat:
1. Siapkan 1 buah panci kecil, isi air 1/2 bagian. Didihkan. Letakkan panci berukuran lebih besar di atasnya, yang berisi campuran cream cheese, margarin, dan susu. Panaskan hingga margarin mencair dan adonan teraduk rata. Angkat dan sisihkan.
2. Angkat dari kompor, masukkan campuran tepung maizena + terigu, aduk rata dan tidak menggumpal.
3. Jika adonan sdh agak hangat, masukkan 1 butir telur, aduk rata. Setelah itu masukkan air jeruk nipis, aduk rata.
4. Panaskan oven sekitar 160-170°c, siapkan cup alumunium foil dan olesi tipis dengan margarin. Panaskan air dalam loyang untuk au bain marie. Banyak air 1/3 bagian loyang.
5. Di baskom yang bersih, tuang putih telur dan garam, kocok sebentar hingga cukup berbusa. Sambil dikocok, tuang gula kastor sedikit demi sedikit. Kocok rata hingga soft peak.
6. Campur adonan cream cheese dan putih telur sedikit demi sedikit sambil diaduk dgn spatula secara merata.
7. Tuang adonan ke dalam cup alumunium foil. Letakkan tiap cup ke atas loyang yang telah diisi air. Masukkan ke dalam oven bagian bawah, panggang dgn cara au bain marie selama 50-60 menit atau sampai matang. Jika bagian atas kue sudah berwarna kecoklatan tapi kue belum matang, suhu oven bisa diturunkan sedikit tapi dengan catatan posisi kue sudah mengembang (sekitar 40 menit di dalam oven). Jika kue sdh matang, biarkan kue didalam oven hingga suhu oven turun. Tinggi JCC akan turun sedikit, jadi jangan khawatir bantat ya :)
8. Hias dengan buttercream dan stroberi iris. Enjoy it
Teksturnya lembut dan rasanya legit, tidak enek, kalau JCC yang anda buat sudah seperti itu, artinya selamat anda berhasil membuat JCC sendiri ^_^.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar