Laman

Rabu, 12 Februari 2014

Martabak Telor

Di daerahku tinggal sekarang, martabak telor biasanya hanya muncul pada perayaan bazar saja.  Harganya terbilang lumayan, 10 ribu setiap bungkusnya. Tapi berhubung keluarga besar kalau membeli penganan satu ini tidak cukup hanya sebungkus.

Selain cukup menguras kantong, kemunculannya yang jarang membuat makanan ini tidak bisa disantap setiap kepingin. Cari punya cari akhirnya dapat juga resep martabak telor. Martabak yang mirip dengan martabak mesir ini sudah acap kali kubuat. Dari yang kulitnya keras, terlalu kriuk, sampai yang liat.

Ekspremin pun coba saya lakukan. Akhirnya saya dapat juga resep kulit martabak telor yang pas dengan selera saya alias mirip dengan yang biasa saya beli. Untuk isian saya hanya memakai telur ayam biasa, bukan telor bebek. Karena bau telor bebek terlalu tajam, biasa saya memakai telor bebek untuk membuat telor asin.


Kebetulan waktu berjalan ke supermarket, saya menemukan seledri besar yang saya pakai sebagai pengganti daun bawang untuk isiannya. Bahan isisan bisa divariasikan sesuai ketersediaan di rumah. Yuk dicoba untuk dipraktekkan :)

Bahan Kulit :
250 gr tepung terigu protein tinggi
135 ml air
50 ml minyak goreng
garam
minyak sayur yang banyak untuk merendam adonan

Caranya:
1. Campur menjadi satu bahan kulit, uleni sampai tidak lengket di tangan.
2. Bagi adonan menjadi 4 bagian (jika ingin agak besar bisa dibagi 3).
3. Rendam dalam minyak yang banyak, sampai permukaannya terendam, selama 2 jam.

Bahan Isi untuk 1 bagian adonan:
25 gr daging sintetis
25 gr kentang kukus potong dadu kecil
1/3 batang seledri besar

2 bh cabe rawit
1/2 sdt kaldu jamur
Garam dan merica secukupnya
1 butir telur ayam

Caranya :
1.Campur semua bahan isi. Sisihkan.
2. Panaskan wajan besar dengan minyak sedikit banyak, gunakan api sedikit sedang, diamkan hingga panas.
3. Olesi tangan dengan sedikit minyak, Ambil 1 bulatan adonan kulit, pipihkan dengan penggiling kayu atau di tarik dengan tangan ala abang-abang itu, secara perlahan.
4. Masukan kulit secara hati - hati agar tidak sobek, kedalam minyak yang sudah panas tadi, dengan kulit melebar, dengan cepat kocok kembali adonan telur tadi, masukkan ke atas kulit, lalu lipat membentuk persegi empat / amplop.
6. Diamkan sebentar sampai bagian bawah sedikit mengering ( berwarna kecokelatan) lalu balikan secara perlahan menggunakan 2 buah sendok kayu, diamkan lalu balikan lagi, begitu seterus nya sampai matang.
7. Angkat, tiriskan, potong - potong dan sajikan bersama saus sambal.

Note :
1. Menipiskan adonan kulit, lebih mudah menggunakan penggiling kayu, lebarkan dan tipiskan lalu tarik secara perlahan tarik tarik dengan tangan, Adonan sangat mudah di tarik dan menipis. Hati - hati jangan sampai sobek pada bagian tengahnya.
2. Saat menggoreng setengah matang, tusuk - tusuk di beberapa bagian martabak menggunakan garpu, lalu suram dengan minyak panas. Supaya adonan telor di dalam matang merata.

Enjoy it ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar