Laman

Selasa, 31 Maret 2015

Karipap Pusing

Cemilan satu ini cukup membuat saya maju mundur cantik ketika membuatnya. Terbayang ribetnya, dan tingkat kegagalannya tinggi..hahaha. Membayangkan pecah dan lain sebagainya. Sempat ketar ketir. Tapi penasaran ya pengen coba. Kalau tidak diberanikan kapan punya pengalaman, iya kan ?

Dari resep di blog mba Jajane Vivi saya hanya memakai seperempat resep. Bukan apa-apa, kalau gagal, setidaknya tidak banyak yang harus dimakan. Masa sudah bikin gemuk, makan yang tidak enak lagi. Perihnya double toh..hahaha


Maklum ya kalau masih amatiran kaya saya, cuma bermodal nekat, tapi bahan ternyata tidak lengkap di dapur. Ampiun pusing pala barbie. Ternyata resepnya memakai mentega putih..hmm lihat stok cuma sedikit sekali, karena sudah dipakai untuk menggoreng donat. Hmmm cuek ajalah..jadi tidak jadi urusan belakang..haha. Jangan ditiru ya :)


Setelah berjuang jiwa dan raga ( ceaaa lebay bingit bahasanya..hahaha)..jadi juga ternyata si pusing pusing ini. Hampir sepusing teksturnya, saya sempat migrain membayangkan melipatnya menjadi pastel. Takut lepas..hiksss..kayanya saya agak trauma untuk membuatnya lagi..hahaha


Pusingnya belum selesai sampai disitu sodara-sodara, eng ing eng, yup pas menggorengnya, lebih ketar ketir lagi..hiksss. Tapi syukurlah, ketika digoreng mulus juga, tidak ada yang pecah dan tidak ada isian yang bocor. Disantap hangat-hangat..kres..nikmatnya..benar-benar renyah, mungkin karena bahannya seperti pastry. Oke deh tantangan karipap pusing saya lewati juga. Mau ikut uji nyali?? Ini dia resepnya :)

Karipap Pusing

Bahan A :
25gr       Mentega putih
13gr       Margarin
75gr     Tepung terigu

Bahan B :
175gr     Tepung terigu
1/4sdt     Garam
13gr       Margarin
80cc      Air

Cara membuat :
1. Campur bahan A, uleni hingga kalis, bulatkan. Letakkan diwadah tertutup, sisihkan.
2. Campur bahan B, uleni hingga kalis, bulatkan. Diamkan kurang lebih 15 menit.
3. Tipiskan adonan B kemudian letakkan adonan A ditengah. Lipat adonan B hingga menutupi adonan A. Tipiskan adonan kemudian gulung (lakukan menggulung dan menipiskan hingga 2 kali seperti membuat kulit pastry). Terakhir gulung  dan rapatkan.
4. Potong-potong adonan yang sudah digulung tadi (kira2 setebal 1cm) kemudian tipiskan. Isi dengan isian kemudian rapatkan pinggirnya dengan cara di pilin (dicubit). Goreng karipap dengan api sedang hingga matang.

Untuk isian dapat sesuai selera ya :)
 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar