Laman

Kamis, 05 Februari 2015

Cocoba Bread

Baking and cooking sih hampir setiap hari dilakukan. Tapi ya itu, malas banget mengunjungi blog tertjinta untuk menuliskan resep setiap yang kubuat. Belum lagi dengan kesibukan kerja dan kuliah yang hampir mendekati semester akhir. Rasanya waktu bukan lagi berlari tapi kebut-kebutan..hahaha..

Seperti roti ini, dibuatnya sudah lama sekali, sudah lama juga di posting di facebook, dan hadir dalam rangka #5DaysFoodChallenge. Saat itu lagi masa-masanya liburan Natal dan Tahun Baru. Tiba-tiba ada colekan tongkat cantik dari teman-teman di grup FB. Wah seru-seruan banget. Setiap hari harus mengupload satu jenis masakan boleh buat sendiri boleh masakan yang dibeli, asal jangan ambil foto orang tanpa izin..hahaha. Itu masih belum seberapa. Yang lebih bikin deg degan, serasa bisul tidak pecah adalah setiap hari kita juga harus mentag 'korban' berikutnya yang akan meneruskan tongkat estafet. Wah, sana sini tarik teman..xixixi. So fun!


Lanjut ke roti..hehehe..resepnya saya dapatkan dari salah satu teman FB, mba Lia Djoen. Waktu beliau pertama kali posting foto rotinya di FB weleh ngeces saya. Rotinya tampak sekali kelembutannya. Waduh pengen buat! Tapi saat itu cuma bisa memendam dulu ya. Soalnya coconut kering sebagai bahan utama roti ini lagi tidak ada di rumah stoknya.


Pas kebetulan saya mampir ke TBK, langsung beli kelapa kering, dan cepat-cepat mengeksekusi roti ini. Ternyata buatnya mudah, rasanya enak, dan teksturnya lembut empuk dan seratnya cantik banget. Recommended bread!


Mau coba? Di bawah ini saya sertakan resepnya, hanya saja resep di bawah saya sudah utak atik berdasarkan persediaan di rumah..selamat mencoba

Cocoba Bread (Coconut Choco Banana Bread)

Bahan:
-          1 sdm ragi instan
-          1 1/2 sdm air hangat
-          120 ml santan dari 65 ml santan kental instan yang dilarutkan dengan air
-          50 gr mentega
-          50 gr gula pasir
-          4 sdt garam
-          1 butir kuning telur
-          300 gr terigu
-          25 gr kelapa parut kering

Bahan olesan (campur rata):
-          1 butir putih telur
-          1 sdm madu
-          5 sdm susu cair

Bahan taburan:
-          Gula pasir
-          Kelapa parut kering

Bahan Isi :
Nutella
Pisang potong bulat tipis

Cara membuat:
1. Dalam baskom besar, larutkan ragi instan dengan air hangat, aduk-aduk hingga tercampur rata, sisihkan.
2. Panaskan santan dan metega hingga mentega setengah leleh, matikan api. Tambahkan gula pasir dan garam, aduk-aduk hingga mentega leleh seutuhnya.
3. Masukkan masukkan telur, aduk rata. Ambil sedikit bagian dari tepung terigu (3 sendok makan), masukkan ke dalamnya, aduk hingga rata.
4. Pada saat ini, campuran ragi sudah berbuih lembut dan mengembang. Ini pertanda bahwa ragi tersebut masih “hidup”. Tuang campuran santan tersebut ke dalam baskom yang berisi ragi, kemudian aduk hingga rata dengan menggunakan spatula kayu atau bisa dengan mikser roti kecepatan rendah.
5. Setelah tercampur rata, masukkan terigu dan kelapa kering, mulailah mengulen hingga adonan kalis, atau selama 8-10 menit jika menggunakan mikser roti. Cek adonan, jika teralu cair, dapat ditambahkan terigu secukupnya.
6. Setelah adonan kalis, bulatkan di dalam baskom, lalu tutup dengan serbet, diamkan selama 1-2 jam hingga adonan mengembang sempurna.
7.  Tinju adonan hingga mengempis.
8.  Bagi menjadi 12 bagian kecil sama berat, bulatkan, lalu atur di dalam loyang yang sudah dioles margarine. Diamkan sebentar sekitar 30 menit, lalu oles dengan bahan olesan, kemudian taburi kelapa parut dan gula pasir sesuai selera.
9.  Panggang dengan api 180°C hingga matang dan permukaan berwarna kecokelatan.
10.  Setelah matang, keluarkan dari dalam oven, lalu siap disajikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar